Analisis Kemandirian Belajar pada Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Klari
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.14144Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana siswa sekolah menengah pertama menjalani proses belajar matematika secara mandiri. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dipadukan dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan melibatkan 46 siswa yang terdaftar sebagai peserta didik kelas VIIF di SMP Negeri 3 Klari pada tahun ajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini, kuesioner kemandirian belajar yang terdiri dari 24 pernyataan dan mencakup 9 indikator diberikan langsung kepada peserta penelitian. Berdasarkan hasil analisis terhadap jawaban dari 46 siswa, ditemukan bahwa rata-rata tingkat kemandirian belajar matematika siswa mencapai 70,40%. Temuan ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa di SMP Negeri 3 Klari telah memiliki kemampuan belajar secara mandiri. Meskipun demikian, pengembangan lebih lanjut tetap diperlukan melalui dukungan dari orang tua maupun proses pendidikan di sekolah.
Keywords:
Kemandirian Belajar; Pembelajaran Matematika; dan KualititifDownloads
References
Afifah, S. N., & Kusuma, A. B. (2021). Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis Serta Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Daring Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 313–320. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2642
Ambiyar … Melisa. (2020). Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1246–1258.
Ardiansyah … Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758
Burhani, A. … Sumarto, S. T. (2024). Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Daring Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 6(3), 304. https://doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.12603
Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Kewarganagaraan Melalui Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 108–122. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5637
Jayantika, I. G. A. T., & Namur, G. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Digital Matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 285. https://doi.org/10.5281/zenodo.7033331
Juwita, D. P. … T, A. Y. (2022). Deskripsi Video Youtube terhadap Kemandirian Pembelajaran Daring Matematika Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 4509–4516.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Lestari, E. A., & Nuryanti. (2022). Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak. Pendidikan, Jurnal Konseling, Dan, 4, 1349–1358.
Lisenia Monika Saragih , Darinda Sofia Tanjung, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Lisenia. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Marfu’ah, S. … Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Marlin, K. … Bali, D. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPTTerhadap Proses Pendidikan Etika dan KompetensiMahasiswa Di Perguruan Tinggi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2018). Analisis Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP Ira. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798
Rahayu, R. … Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rindiani, D. … Oktaviani, R. P. (2023). Analisis kemandirian belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas vii smps amal mulia 2 Cileungsi. Original Research, 9(58), 389–398.
Sopia, N. … Ritawati, B. (2023). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 129. https://doi.org/10.31941/delta.v11i2.2173
Wiriani, W. T. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 57–63. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.436
Yanti, H. … Walid. (2020). Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar NAsional Pascasarjana UNNES, 146–149.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.