Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan Bilangan Rill Berdasarkan Teori Kastolan

Authors

  • Stephani Theresa Vania Tampubolon Universitas Negeri Medan
  • Dwi Ayu Febrianti Universitas Negeri Medan
  • Engeli Emmanuela Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Gita Helena Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Michael Christian Simanullang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.13703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mengerjakan soal barisan bilangan rill berdasarkan teori kastolan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian  ini  ialah mahasiswa semester  VI  Program  Studi  Pendidikan matematika Universitas Negeri Medan. Teknik   pengambilan   sampel   dilakukan   dengan purposive sampling. Sampel yang diambil ialah 5 mahasiswa semester VI Program  Studi  Pendidikan matematika Universitas Negeri Medan. Instrumen  penelitian  yang  diberikan  berupa  tes  uraian  berjumlah  3 soal  pada materi barisan bilangan rill.  Berdasarkan hasil analisis terhadap jawaban mahasiswa pada materi barisan bilangan rill, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa masih mengalami berbagai jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal, yang mencerminkan kesulitan mereka dalam memahami materi secara konseptual, prosedural, maupun teknikal. Hasilnya menunjukkan bahwa kesalahan konseptual muncul akibat ketidakpahaman terhadap definisi atau teorema, seperti kesalahan dalam memahami arti "ekor" dari sebuah barisan dan konsep konvergensi. Kesalahan prosedural terjadi karena mahasiswa tidak mengikuti langkah-langkah penyelesaian yang tepat atau menyimpulkan secara tidak logis dari proses yang mereka lakukan. Sementara itu, kesalahan teknikal disebabkan oleh ketidaktelitian dalam penulisan simbol matematika dan manipulasi aljabar, bukan karena lemahnya pemahaman konsep.

Keywords:

Barisan Bilangan, Analisis Rill, Kastolan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, W. (2021). Anilisis Rill. Jawa Barat: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Darmadi, Sanusi, & Rifai, M. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Kuliah Analisis Rill. Jurnal Cakrawala Akademika (JCA), 1(3), 625–636. https://doi.org/10.70182/JCA.v1i3.41

Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018.

Moleong, lexy J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Murniasih, N. I., & Karimah, R. K. N. (2024). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal bilangan rill terhadap kemampuan pemahaman konsep bilangan rill. Al Farabi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2).

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: kencana prenada media group.

Nurani, N. E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Bilangan Rill (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa Smp Berdasarkan Tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1). https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.114.

Rahmawati, A. R., Sudirman, & Rahardi, R. (2021). Kesalahan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah fungsi dan persamaan polinomial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2548–2559.

Sari, R. A., & Najwa, W. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 77-83.

Yuliana, W. (2017). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Bilangan Rill Di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Downloads

Abstract Views : 40
Downloads Count: 15

Published

2025-05-25

How to Cite

Tampubolon, S. T. V., Febrianti, D. A., Tambunan, E. E., Tarigan, G. H., & Simanullang, M. C. (2025). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan Bilangan Rill Berdasarkan Teori Kastolan. Didactical Mathematics, 7(2), 241–248. https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.13703

Issue

Section

Articles