Analisis Self-Efficacy Siswa SMP Melalui Media Pembelajaran Lego
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.13658Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis self efficacy siswa SMP melalui penggunaan media pembelajaran LEGO pada materi pecahan. Penelitia ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dirancang untuk menggambarkan self efficacy siswa berdasarkan tiga indikator: Magnitude, Strenght, dan Generality. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di Karawang dengan jumlah sampel sebanyak 37 siswa. Dengan Teknik pengumpulan data melalui angket self efficacy yang terdiri dari 25 pernyataan, yang kemudian dianalisis menggunakan persentase jawaban siswa dan diinterpretasikan secara deskriptif berdasarkan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase rata-rata keseluruhan sebesar 49%. Ini mengindikasi bahwa media LEGO memiliki potensi untuk meningkatkan self efficacy siswa.
Keywords:
Self efficacy, Media Pembelajaran, LegoDownloads
References
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. Freeman. https://www.amazon.com/Self-Efficacy-Exercise-Control-Albert-Bandura/dp/0716728508
Carbonneau, K. J., Marley, S. C., & Selig, J. P. (2013). A meta-analysis of the efficacy of teaching mathematics with concrete manipulatives. Journal of Educational Psychology, 105(2), 380–400. https://eric.ed.gov/?id=EJ1007941. https://doi.org/10.1037/a0031084
Hartinah, S., Fitria, L., & Ananda, R. (2020). The effectiveness of manipulative media in mathematics learning: A meta-analysis. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1), 012040.
https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1470/1/012040
Kurniawati, N., Setyaningsih, R., & Handayani, T. (2023). The effectiveness of LEGO as a manipulative media in mathematics learning. Journal of Mathematics Education and Technology, 4(2), 45–53. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jmet/article/view/57879
Muliadi, M., & Hidayati, N. (2021). Analisis self-efficacy siswa dalam menyelesaikan soal pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 12–21.
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpm/article/view/41
National Mathematics Advisory Panel. (2008). Foundations for success: The final report of the National Mathematics Advisory Panel. U.S. Department of Education.
https://eric.ed.gov/?id=ED500486
Putri, M. A., & Hidayat, W. (2023). Penerapan pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(2), 101–110.
https://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/939
Rahmawati, I., & Rahayu, S. (2021). Analisis self-efficacy siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 35–43.
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/48350
Sari, D. P., & Amalia, R. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis LEGO terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 15–22.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpms/article/view/57879
Schunk, D. H., & Pajares, F. (2009). Self-efficacy theory. In K. R. Wentzel & A. Wigfield (Eds.), Handbook of motivation at school (pp. 35–53). Routledge.
https://www.routledge.com/Handbook-of-Motivation-at-School/Wentzel-Wigfield/p/book/9781138358690
Susanto, D., & Yuliati, N. (2020). Media LEGO untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar: Pendekatan konstruktivis. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(3), 203–211.
https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/714
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.