Analisis Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII Terbitan Erlangga Kurikulum 2013 Berdasarkan Pendekatan Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1354Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian penyajian materi pada buku teks matematika SMP kelas VIII semester II terbitan Erlangga kurikulum 2013 berdasarkan pendekatan saintifik. Materi yang dianalisis terdiri dari dua bab, yaitu: (1) Statitika, dan (2) Peluang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan lembar observasi. Adapun aspek-aspek yang dinilai terdiri dari 5M tahapan saintifik, yaitu: (1) Menyajikan objek atau masalah yang akan diamati siswa, (2) Objek atau masalah yang disajikan memuat pertanyaan yang mendorong siswa untuk bertanya dan memahami materi lebih lanjut, (3) Objek atau masalah memuat data atau informasi yang berkaitan dengan materi, (4) Objek atau masalah memuat data atau informasi yang dapat membantu siswa melakukan pengolahan data, dan (5) Objek atau masalah yang disajikan dapat menuntun siswa membuat simpulan. Sumber data pada penelitian ini yaitu buku matematika SMP/MTS kelas VIII semester II terbitan Erlangga kurikulum 2013 yang disusun oleh M.Cholik Adinawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bab Statistika memiliki tingkat kesesuaian sebesar 76% dengan kategori sangat sesuai, dan (2) bab peluang memiliki tingkat kesesuaia sebesar 86% dengan kategori sangat sesuai.
Kata Kunci:
Analysis, Scientific Approach, TextbookUnduhan
Referensi
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Djaelani, M. (2010). Metode Penelitian Bagi Pendidik. Jakarta: Penerbit Pt. Multi Kreasi Satudelapan.
Hendryadi. (2017). Validasi Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169-178.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Maryani, I., & Fatmawati, L. (2015). Pendekatan Scientifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Yogyakarta. Penerbit Deepublish.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Muzfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/306/1/BUku Saintifik.pdf.
Permendikbud R.I. (2014). Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbud R.I. (2016). Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahmawati, A.N. (2018). “Identifikasi Masalah Yang Dihadapi Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi Di SD.” Indonesian Journal of Primary Education 2(1): 114.
Rofi, A., Atmazaki, & Abdurahman. (2014). “Pengembangan Buku Teks Pembelajaran Berbasis Kontekstual Dalam Metri Proses Morfologi Bahasa Indonesia Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran 2(3).
Sudin, A. (2014). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: UPI Press.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.