Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Statistika
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.13365Abstract
Rendahnya kemampuan komunikasi matematis terlihat dari indikator-indikator kemampuan komunikasi matematis yang belum tercapai sepenuhnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMK dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika. Penelitian dilakukan di sebuah SMK Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas XI yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan pemberian instrumen tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Nilai rata-rata yang didapatkan menunjukkan bahwa perolehan nilai belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada sekolah tersebut yaitu 75. Hasil analisa data menunjukkan ketidakmampuan siswa menggambarkan ide-ide matematika dalam bentuk tulisan atau visual sebesar 29,6%, ketidakmampuan siswa menyelesaikan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika sebesar 85,2%, ketidakmampuan siswa menyelesaikan permasalahan secara tertulis sebesar 63% serta ketidakmampuan siswa mengkomunikasikan kesimpulan jawaban dari permasalahan sesuai pernyataan sebesar 55,6%
Keywords:
Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, StatistikaDownloads
References
Elvianika, A., & Aini, I. N. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Terhadap Penyelesaian Soal Pada Materi Operasi Aljabar di SMPN 1 Klari. Prosiding Sesiomadika, 4(1).
Fauziah, I., Maarif, S., & Pradipta, T. R. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Regulated Learning Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Analisa, 4(2), 90–98. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Ikhsan, D. M., & Afriansyah, E. A. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 5(2), 203-214.
Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196.
Jannah, A. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 dalam Menyeselaikan Soal Model AKM Numerasi Geometri Ditinjau Dari Self-Efficacy Matematis. (Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Sebelas Maret: Surakarta)
Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (6), 1095-1104.
Kurnia, R., D., M, dan Fitrianna, A., Y. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Baris dan Deretdi SMK Mutiara Qolbu Cianjur. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol.5. (633-641). ISSN 2338-8315.
Larasati, I., & Effendi, K. N. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Segitiga dan Segiempat. RADIAN Journal: Research and Review in Mathematic Education, 1-13.
Leksono, S. (2014). Penelitian Kualitatif Ilmu Ekonomi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Merdian, A., Sari, V. T. A., & Sugandi, A. I. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keaktifan Siswa SMA dengan Pendekatan Problem Posing. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 45- 50. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.2279
NCTM. (2000). Principles Standards and for School Mathematics.
Oktaviani, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom. (Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati: Bandung)
Ramdan, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. (Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang: Karawang)
Rosyana, S. I., & Effendi, K. N. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 441-447.
Sheila, T. A., & Adirakasiwi, A. G. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 47-54.
Wijaya, A. P., & Yusup, M. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Materi SPLDV. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61-72.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.