Fenomena Salah Jurusan Terhadap Studi Mahasiswa pada Prodi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Authors

  • Malik Ibrahim UIN Raden Intan Lampung
  • Nurul Izza Waya UIN Raden Intan Lampung
  • Akhmad Hafiddin Aslam UIN Raden Intan Lampung
  • Rosida Rakhmawati Muhammad UIN Raden Intan Lampung
  • Bambang Sri Anggoro UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.12231

Abstract

Fenomena salah jurusan merupakan isu yang sering terjadi di perguruan tinggi, termasuk pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa salah memilih jurusan, menganalisis dampaknya terhadap motivasi belajar, serta mengetahui strategi adaptasi yang diterapkan oleh mahasiswa tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling, data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap tiga mahasiswa semester 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang menyebabkan salah jurusan meliputi prospek kerja yang menjanjikan, pengaruh keluarga atau guru, dan kurangnya pemahaman tentang kurikulum. Salah jurusan berdampak pada rendahnya motivasi belajar, kesulitan memahami materi, dan tekanan psikologis. Mahasiswa beradaptasi dengan belajar ekstra dan berdiskusi dengan teman untuk mengatasi tantangan ini. Temuan penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan sistem bimbingan karier dan akademik yang lebih efektif di perguruan tinggi.

Keywords:

Salah jurusan, Motivasi belajar, Pendidikan Matematika, Perguruan tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, N. N., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh Persepsi, Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 84–94. https://doi.org/10.15294/baej.v1i1.38939

Arifin, Z. (2020). Perasaan tertinggal dalam pembelajaran matematika: Analisis dari perspektif mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 15(3), 112-119.

Armansyah, A. (2021). Faktor faktor yang menghambat dalam memilih sekolah lanjut. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(2), 87-98.

Asih, S. S., K. Setyaningsih., &A. Murtopo. (2022). Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan Perilaku Sosial Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di RA An-Naba Banyuasin. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1, 4, 712-727.

Fadila, R., & Setyowati, A. (2021). Strategi pembelajaran efektif untuk mahasiswa pendidikan matematika yang menghadapi kesulitan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(3), 199-208.

Fadhilah, N. &A. M. A. Mukhlis. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22, 1, 15-31.

Faiz, A., A. Pratama.&I. Kurniawaty. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.

Hidayat, D. R., Cahyawulan, W., & Robbani, A. (2019). Karier: Teori dan Aplikasi dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif. CV Jejak (Jejak Publisher)

Hidayati, N., & Susanti, D. (2021). Stres akademik mahasiswa Pendidikan Matematika: Penyebab dan solusinya. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(2), 55-64.

Konjongian, M. K., Tumbuan, W. J. F. A., & Ogi, I. W. J. (2022). Marketing Mix Effectiveness and Efficiency on Bukit Kasih Kanonang Religiousthe Tourism in the Face of New Nomal. Jurnal EMBA, 10(4), 1966-1975.

Kusnadi, I., & Putri, R. (2020). Kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep-konsep abstrak dalam pendidikan matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 19(1), 58-65.

Maulana, MAS., & Alqadri, B. (2024). Faktor Penyebab Mahasiswa Salah Pilih Jurusan: Studi di Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Mataram.

Parnawi, A.(2019). Psikologi belajar. CV. Budi Utama.

Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.1 6968

Putra, A., & Setiawan, D. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan jurusan pendidikan matematika oleh mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(1), 75-82.

Ristiana, M. G., & Dahlan, J. A. (2021). PANDANGAN MAHASISWA CALON GURU DALAM PENGGUNAAN MODEL GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 127–136. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/6503

Saputra, F. A., Adityawarman. A., & Nursyabani. S. R. (2024). Analisis Dampak Kesalahan Pemilihan Jurusan terhadap Prestasi Akademik dan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa. Jurnal Ilmu Kesehatan Umum, Psikologi, Keperawatan dan Kebidanan, 2(2), 180-192.

Saputri, N., & Sa’adah, N. (2021). Pengembangan Minat dan Bakat Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 125-141.

Sartina, R. O., Hayati. F., & Oktarina, R. (2021). Analisis Peran Orangtua dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Universitas Bina Bangsa Gatsempena

Siregar, R. N., Prabawanto. S., dkk. (2022). Faktor Teman Sebaya dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Pendidikan Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 95-104.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Suprihati, S., & Fitria, T. N. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir dan Skripsi) Bagi Mahasiswa D3 dan S1 di Provinsi Jawa dan Luar Jawa. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.47232/jptm.v1i1.91

Suryani, S., & Rahmawati, M. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami materi matematika pada jurusan pendidikan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 103-110.

Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The Effect of Motivation and Learning Behaviour on Student Achievement. South African Journal of Education, 39(1), 1–8. https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510

Wasilah., Azzaroh, I., dkk. (2023). Pengaruh Salah Pilih Jurusan Terhadap Nilai Akademik Mahasiswa Program Studi BKI UIN Khas Jember. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni (JISHS), 3(1), 615-620.

Widodo, P., & Hermawan, F. (2020). Peran dukungan sosial dalam mengurangi stres akademik pada mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Psikologi Universitas, 18(1), 99-107.

Zulfa, R., & Ramadhani, T. (2022). Peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep sulit melalui diskusi kelompok. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 21(4), 215-223.

Downloads

Abstract Views : 7
Downloads Count: 7

Published

2025-05-24

How to Cite

Ibrahim, M., Waya, N. I., Aslam, A. H., Muhammad, R. R., & Anggoro, B. S. (2025). Fenomena Salah Jurusan Terhadap Studi Mahasiswa pada Prodi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Didactical Mathematics, 7(2), 224–240. https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.12231

Issue

Section

Articles