Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): Studi Kasus Soal pada Materi Matriks
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.11954Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada soal materi matriks. Alasan dilakukannya penelitian ini karena rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK saat mengerjakan soal materi matriks. Berdasarkan observasi dan tes awal, siswa hanya mampu sampai langkah merencanakan rencana pemecahan masalah dari 4 langkah kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 23 siswa kelas 11 jurusan Grafika SMK Taruna Karya 1 Karawang yang dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis (tinggi, sedang, dan rendah). Instrumen yang digunakan meliputi tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pemecahan masalah matematis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang melibatkan tiga tahap utama: 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, dan 3) Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah hanya mampu sampai Langkah Merencanakan Rencana Pemecahan Masalah, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang mampu sampai Langkah Melaksanakan Rencana Pemecahan Masalah dan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi mampu mengaplikasikan langkah kemampuan pemecahan masalah matematis secara sempurna.
Kata Kunci:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Studi Kasus, Materi MatriksUnduhan
Referensi
Afriyani, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pola Bilangan pada Siswa Kelas VIII SMP Unismuh Makassar. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar).
Almadiyanti, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguinasa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pola Bilangan. (Skripsi Sarjana ,Universitas Muhammadiyah Makassar).
Hermaini, J. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Minat Belajar (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Nurhayati&Luvy, S.Z. (2019). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Mts Pada Materi Pola Bilangan”. Journal On Education,1(2), 23-36.
Nurkholizah, S. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di Mas Pondok Pesantren Darul Qur’an (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Sugiyono. (2020).Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Tawarni, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Berdasarkan Langkah Polya. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh).
Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus Konsep, teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh. Madura: UTM PRESS.
Ricasiwi, Y.A. (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Berdasarkan Teori Polya Dalam Menyelesaikan Tes Pemecahan Masalah Matriks Di Man 2 Kota Probolinggo Ditinjau Dari Gaya Kognitif. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember).
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.