Studi Kasus Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas XI Pada Materi Fungsi

Authors

  • Asya Khaula Aziza Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.11917

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan abstraksi matematis siswa pada materi fungsi. Studi kasus digunakan dalam penelitian ini, dengan kasus tunggal dan analisis ganda untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kemampuan abstraksi matematis siswa rendah. Kasus dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan abstraksi siswa pada materi fungsi. 15 siswa di kelas XI di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Karawang menjadi subjek penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes terdiri dari lima soal dan instrumen non-tes berupa wawancara sederhana yang akan diberikan kepada subjek penelitian terpilih. Soal-soal ini mencakup indikator kemampuan abstraksi matematis. Subjek penelitian diberi lima soal uraian dinilai dan dikaji untuk mengevaluasi tingkat abstraksi siswa. Untuk mengumpulkan informasi tentang tingkat abstraksi siswa, wawancara tidak terstruktur digunakan sebagai komponen integral dari proses pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara siswa melihat materi matematika yang sulit, membayangkan, memanipulasi objek, dan menghubungkan konsep ke dalam fungsi adalah faktor yang memengaruhi tingkat abstraksi mereka. Sehingga kemampuan abstraksi matematis siswa pada materi fungsi masih tergolong rendah. Selain itu, diperoleh bahwa rendahnya kemampuan abstraksi matematis siswa tergolong rendah disebabkan adanya kesulitan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal di 3 indikator kemampuan abstraksi matematis.

Keywords:

Kemampuan abstraksi metematis, Fungsi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assyakurrohim et al., (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Edimuslim, E. (2022). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau Dari Gaya Belajar Tipe Kolb. Suska Journal of Mathematics Education, 8(1), 39. https://doi.org/10.24014/sjme.v8i1.16831

Elly S, A et al., (2018). Analisis Proses Abstraksi Matematika dalam Memahami Konsep dan Prinsip Geometri Ditinjau dari Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 61–70. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.312

Husnuz Zaimah et al., (2020). Relasi dan Fungsi Mata Pelajaran Matematika Madrasah Tsanawiyah.

Kusumawati, R et al., (2020). Pengembangan Bahan Ajar Stuktur Aljabar dengan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi dan Menulis Bukti Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 197. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.1010

Marfu, S. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Mawadah Putri Islamiati. (2022). Studi Kasus Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas XII Pada Materi Dimensi Tiga. Didactical Mathematics, 4(1), 127–137. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2076

Nanda Muliawati et al., (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 32. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.184

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Sari et al., (2020). Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 56–63. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22525

Sitihanifah, N., Universitas Singaperbangsa Karawang, M., RonggoWaluyo Kec Telukjambe Timur Kab Karawang, J. H., Barat, J., & Universitas Singaperbangsa Karawang, D. (2021). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas Viii Pada Materi Segitiga (Vol. 8, Issue 2).

Sugandi, A et al., (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Media Tubomatismkka Untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 809. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2918

Syarifudin et al., (2021). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di MAN 1 Tasikmalaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(2), 231. https://doi.org/10.30651/must.v6i2.7461

Warsito et al., (2020). 1699-3940-1-SM. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (Snp2m) 2019 UMT.

Zuhair Zahid, M. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning.

Downloads

Abstract Views : 66
Downloads Count: 48

Published

2024-12-13

How to Cite

Aziza, A. K., & Imami, A. I. (2024). Studi Kasus Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas XI Pada Materi Fungsi . Didactical Mathematics, 7(1), 12–19. https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.11917

Issue

Section

Articles