Implementasi Model Differentiated Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X

Authors

  • Agustiana Agustiana Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Reni Untarti

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.11070

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model differentiated problem based learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X PPLG 1 SMK Negeri 1 Rembang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil akhir penelitian diperoleh skor akhir rata-rata tes evaluasi pada siklus 1 yaitu 50,42 dengan kategori cukup baik; skor rata-rata tes evaluasi pada siklus 2 yaitu 58,95 dengan kategori cukup baik; dan skor rata-rata tes evaluasi pada siklus 3 yaitu 70,66 dengan kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa model differentiated problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X PPLG 1 SMK Negeri 1 Rembang.

Keywords:

Problem Solving Skills, Differentiated Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmar, H., Budi, P., Ahmad, M., Mushawwir, A., & Khaidir, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning : Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 10–17. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM

Andini, R. N., Yusritawati, I., Yanti, R., & Saraswati, L. (2023). Analisis Persepsi Siswa Terhadap Pentingnya Matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari Di Dua Kelas SMAN 1 Cigugur. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2193–2200.

Hartata, R. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Meningkatkn Motivasi Dan Prestasi Belajar Sejarah (Peminatan). KERATON : Journal of History Education and Culture, 1(2), 26–42.

Layali, N. K., & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 137–144.

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 6167–6180.

Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12

Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519

Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870

Shidiq, S., & Ardiansyah, A. S. (2023). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran berdiferensiasi berbasis asesmen diagnostik pada model problem based learning. 2(1), 921–930.

Sutrisno, H., Muhtarom, & Subandijah, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Seminar Nasional PPG UPGRIS, 2517–2527.

Wahyuni, S., Thahir, A., Karma, R., & Putriani, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Di Tingkat SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengayaan, 6(2), 264–269.

Downloads

Abstract Views : 145
Downloads Count: 75

Published

2024-09-03

How to Cite

Agustiana, A., & Untarti, R. (2024). Implementasi Model Differentiated Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X. Didactical Mathematics, 6(2), 283–291. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.11070