Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10919Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengetahui kelayakan dan efektivitas media pembelajaran LKPD berbantuan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa khususnya pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini hanya terdiri dari siswa kelas VIII MTs Fatahilah Pangkalan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa media LKPD yang dikembangkan layak digunakan di lingkungan pendidikan, berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi. Media LKPD yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai tes representasi matematis siswa setelah menggunakan LKPD lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, serta dibarengi dengan penggunaan alat peraga yang lebih menunjang siswa dalam pemahaman materi untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Pengembangan media LKPD pada materi statistika mendapat respon yang baik dari siswa. Hal ini terlihat dari hasil survei respon siswa terhadap media LKPD.
Keywords:
Kemampuan Representasi Matematis, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model ADDIEDownloads
References
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221–232. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1829
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Prisma Dan Limas. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Herliana, T., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis: Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbantuan Alat Peraga Edukatif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3028–3037. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.950
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Inayah, S., & Nurhasanah, G. A. (2019). Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis Siswa Terhadap Kepercayaan Dirinya. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 17–31. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4852
Jagom, Y. O., Uskono, I. V, & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Media Pembelajaran Di SD Oebola Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Abdidas, 1(5), 339–344. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.73
Jusra, H., Rahmadiana, S., & Wahidin, W. (2020). Penerapan Metode Brainstorming Berbantu Alat Peraga terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 263. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1116
Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373
Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. 22(1).
Riza, N., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Vos Viewer. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 114–118. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/3569%0Ahttp://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/download/3569/871
Silpi Syamrotul Yaqin, F. T. A. M. (2022). Jurnal Pendidikan Matematika Penggunaan Alat Peraga “ T alog Math” dalam Pembelajaran Matematika. 1, 28–32.
Suliani, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 92. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3143
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.