Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Authors

  • Nina Sulastri STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Evan Farhan Wahyu Puadi STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10919

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengetahui kelayakan dan efektivitas media pembelajaran LKPD berbantuan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa khususnya pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini hanya terdiri dari siswa kelas VIII MTs Fatahilah Pangkalan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa media LKPD yang dikembangkan layak digunakan di lingkungan pendidikan, berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi. Media LKPD yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai tes representasi matematis siswa setelah menggunakan LKPD lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, serta dibarengi dengan penggunaan alat peraga yang lebih menunjang siswa dalam pemahaman materi untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Pengembangan media LKPD pada materi statistika mendapat respon yang baik dari siswa. Hal ini terlihat dari hasil survei respon siswa terhadap media LKPD.

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model ADDIE

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151

Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221–232. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1829

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Prisma Dan Limas. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Herliana, T., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis: Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbantuan Alat Peraga Edukatif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3028–3037. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.950

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Inayah, S., & Nurhasanah, G. A. (2019). Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis Siswa Terhadap Kepercayaan Dirinya. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 17–31. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4852

Jagom, Y. O., Uskono, I. V, & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Media Pembelajaran Di SD Oebola Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Abdidas, 1(5), 339–344. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.73

Jusra, H., Rahmadiana, S., & Wahidin, W. (2020). Penerapan Metode Brainstorming Berbantu Alat Peraga terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 263. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1116

Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373

Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. 22(1).

Riza, N., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Vos Viewer. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 114–118. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/3569%0Ahttp://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/download/3569/871

Silpi Syamrotul Yaqin, F. T. A. M. (2022). Jurnal Pendidikan Matematika Penggunaan Alat Peraga “ T alog Math” dalam Pembelajaran Matematika. 1, 28–32.

Suliani, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 92. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3143

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176

Downloads

Abstract Views : 274
Downloads Count: 120

Published

2024-09-02

How to Cite

Sulastri, N., & Puadi , E. F. W. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Didactical Mathematics, 6(2), 271–282. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10919