Validasi Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Macromedia Flash 8 Terhadap Pemahaman Konsep Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10839Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat yang layak digunakan pada pembelajaran model discovery learning berbantuan macromedia flash 8 untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi modul ajar, lembar validasi media, lembar validasi tes pemahaman konsep matematis siswa serta lembar tes pemahaman konsep matematis siswa dan pengumpulan data menggunakan angket validasi. Data dianalisis menggunakan rata-rata skor penilaian yang diberikan oleh dua validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbantuan macromedia flash 8 untuk mengukur pemahaman konsep matematis siswa pada materi menggunakan data.
Keywords:
Uji Kelayakan, Discovery Learning, Menggunakan DataDownloads
References
Aldiyansyah, A., Rahmatulloh, I., & Alviandini, L. (2024). Modifikasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Strategi Tugas Dan Paksa Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Student Research Journal, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i1.960
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.558
Hadiwijaya, I. (2014). Pengembangan Medis Interaktif Waspada Demam Berdarah (DBD) Menggunakan Macromedia Flah 8. Universitas Negeri Yogyakarta.
Harahap, F., Setiawati, F., & Sugihartono, F. (2007). Psikologi Pendidikan.
Karim, K., & Maulida, T. (2014). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.605
Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir Development of Learning Devices to Facilitate Teachers Grow the Responsibility of Elementary School Students to the Flood Problem. 15, 40–44.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
permendiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006. , 122(1995), 25–27.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. Effendy (ed.); 1st ed.). Cipta Media Nusantara.
Riduwan, R. (2015). Dasar - Dasar Statistika. Alfabeta.
Sahidu, C. (2017). Program Pembelajaran Fisika (P3F). Mataram: Agra Puji Press.
Sari, L. P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V Sdn 2 Ratna Daya. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Metro, 10–11.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.