Tinjauan Literatur Tentang Kemampuan Numerasi, Self-Efficacy Siswa, dan Model SSCS
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10824Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tren penelitian dan mencari kesenjangan terkait kemampuan numerasi, self-efficacy atau model SSCS. Sesuai dengan tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka. Beberapa perangkat digunakan untuk melakukan tinjauan pustaka seperti publish or perish (PoP), vosViewer, dan open knowledge maps. Publish or perish digunakan untuk mencari metadata yang kemudian akan diolah dengan vosViewer dan dikonfirmasi dengan open knowledge maps. Hasil peneilitian menunjukkan tren penelitian tentang kemampuan numerasi, self-efficacy dan model SSCS mengalami kenaikan sampai tahun 2023 dan kembali turun di tahun 2024. Kemudian terdapat beberapa kesenjangan penelitian yaitu belum ada keterkaitan penelitian antara model SSCS dengan self-concept, academic achievement, creativity, perception, dan child. Masih sedikit penelitian tentang model SSCS dengan self-efficacy atau tentang model SSCS dengan numerasi dan masih sedikit penelitian tentang model SSCS dengan self-efficacy dan literasi matematika. Kesenjangan tersebut dapat dijadikan sebagai rekomendasi penelitian selanjutnya.
Kata Kunci:
Numerasi, Self-Efficacy, Model SSCSUnduhan
Referensi
Afriyanti, I., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, 1, 608–617.
Agustina, L., Zaenuri, Z., Isnarto, I., & Dwijanto, D. (2021). The Students’ Creative Thinking Skills on Literacy Numeracy Concepts. ISET: International Conference on Science, Education and Technology, 7(1), 979–987. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/979
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Ayotola, A., & Adedeji, T. (2009). The relationship between mathematics self-efficacy and achievement in mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 953–957. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.169
Azzahra, B. A., Fitriza, R., & Mardika, F. (2023). Analisis Self Efficacy Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share. Math Educa: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 121–131.
Corebima, A. D. (2017). Creative Thinking of Low Academic Student Undergoing Search Solve Create and Share Learning Integrated with Metacognitive Strategy. Creative Thinking of Low Academic Student Undergoing … International Journal of Instruction, 10(2), 245–262. www.e-iji.net
Dutt, A., Ismail, M. A., & Herawan, T. (2017). A Systematic Review on Educational Data Mining. International Journal of Computing, Communications and Networking, 9, 15991–16005. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2017.2654247
Fitriana, S. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86–101. https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1517
Hadi, S., & Zaidah, A. (2021). Analisa Kemampuan Literasi Numerasi dan Self-Efficacy Siswa Madrasah dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300–310.
Hidayah, I. R., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2021). Minimum Competency Assessment (Akm): An Effort To Photograph Numeracy. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 11(1), 14–20. https://doi.org/10.20961/jmme.v11i1.52742
Irmawati, F., & Ilmah, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Siswa Kelas 5 SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4917–4921. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1083
Islami, A., Fatra, M., & Diwidian, F. (2023). Model Search, Solve, Create, and Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa Berdasarkan Self Efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 453–468. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1508
Joklitschke, J., Rott, B., & Schindler, M. (2021). Notions of Creativity in Mathematics Education Research: a Systematic Literature Review. International Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10192-z
Julius, R., Halim, M. S. A., Hadi, N. A., Alias, A. N., Khalid, M. H. M., Mahfodz, Z., & Ramli, F. F. (2021). Bibliometric Analysis of Research in Mathematics Education using Scopus Database. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(12). https://doi.org/10.29333/EJMSTE/11329
Lestari, D. I., & Waluya, S. B. (2020). Mathematical Literacy Ability And Self-Efficacy Students In Search Solve Create And Share (SSCS) Learning With Contextual Approaches. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 156–162. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Putri, S. D., Cahyani, R., & Saputra, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share Untuk Menganalisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self-Efficacy. Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 100–110.
Putriana, C., & Haqiqi, A. K. (2023). The Effectiveness of the SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Learning Model for Increasing Mathematical Communication Skills and Numeracy Literacy. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 199–216. https://doi.org/10.21043/jpmk.v6i2.22484
Rahayu, N. S., Liddini, U. H., & Maarif, S. (2022). Berpikir Kreatif Matematis : Sebuah Pemetaan Literatur dengan Analisis Bibliometri Menggunakan Vos Viewer Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 11, 179–190.
Ridwan, M., Misbahudholam AR, M., Budiyono, F., & Tri Sukitman. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 526–535. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i3.58660
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 253–261.
Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.
Smith, H. M., & Betz, N. E. (2000). Development and Validation of a Scale of Perceived Social Self-Efficacy. Journal of Career Assessment, 8(3), 283–301. https://doi.org/10.1177/106907270000800306
Sunawan, Ahmad Yani, S. Y., Anna, C. T., Kencana, T. I., Mulawarman, & Sofyan, A. (2017). Dampak Efikasi Diri terhadap Beban Kognitif dalam Pembelajaran Matematika dengan Emosi Akademik sebagai Mediator. Jurnal Psikologi, 44(1), 28–38. https://doi.org/10.22146/jpsi.22742
Xiao, Y., & Watson, M. (2019). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93–112. https://doi.org/10.1177/0739456X17723971
Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safi’i, A., Supriadi, N., Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The effect of SSCS learning model on reflective thinking skills and problem solving ability. European Journal of Educational Research, 9(2), 743–752. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.743
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.