Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pendekatan System Thinking
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10769Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan pemahaman matematis melalui pendekatan system thinking siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa SMA Negeri 1 Jalaksana kelas X M 6 dengan hasil tes masing-masing kategori 2 orang dengan kategori kemampuan pemahaman matematis tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil tes dan wawancara dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa SMA Negeri 1 Jalaksana tergolong sedang. Hasil ini dapat dilihat dari hasil analisis terhadap 35 siswa diketahui bahwa terdapat 9 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi, 20 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang, dan 6 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan system thinking dapat digunakan untuk menganalisis hubungan antara kemampuan pemahaman matematis siswa dengan faktor-faktor kesulitan belajar siswa, sehingga guru dapat mengetahui strategi pembelajaran yang sesuai. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan system thinking dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.
Kata Kunci:
Kemampuan Pemahaman Matematis, System ThinkingUnduhan
Referensi
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316
Arianti, A. (2019). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41-62
Arrosyad, M. I., Wahyuni, E., Kirana, D., & Sartika, M. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 222–228.
Aulia Dini Hanipah, Titan Nurul Amalia, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.148
Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8892
Dewi, S. N., Wijaya, T. T., Budianti, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Kelas XI SMK di Kota Cimahi Pada Materi Fungsi Eksponen. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 99. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2570
Fajri, N., & Nida, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Aceh Barat Daya Pada Materi Trigonometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2), 12–22. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1179
Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (N.D.). Evaluasi Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Systems Thinking. 31–38.
Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170
Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723
Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4),. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 6(4), 7360–7367. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17974
Husna, I., Purwosetiyono, F. D., & Endahwuri, D. (2020). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 501–509. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6787
Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa,.
Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619–2627. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.915
Muslimah. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bukateja Kabupaten Purbalingga.
Nuraeni, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa Mts. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 565–580.
Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (n.d.). Strategi Pembelajaran (Issue 112).
Robbany Arham, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dasar. Didactical Mathematics, 4(2), 314–322. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2148
Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(2), 150. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.60
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jp mr/article/view/7521. 3(2), 171–176.
Simalango, M. M., Darmawijoyo, D., & Aisyah, N. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA pada konten change and relationship level 4, 5, dan 6 di SMP N 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58.
Sugiarni, R., Septian, A., Juandi, D., & Julaeha, S. (2021). Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Siswa? Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 21–35. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.905
Susanti, N., Juandi, D., & Tamur, M. (2020). The effect of problem-based learning (PBL) model on mathematical communication skills of junior high school students–A meta-analysis study. … (Jurnal Teori Dan Aplikasi …. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/article/view/2481
Umairoh, L. H. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi fungsi kuadrat. Ums, 1–10. https://eprints.ums.ac.id/
Yani, C. F., Maimunah, Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.553
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.