Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10763Abstrak
Di abad ke-21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai oleh manusia, Budaya berbicara dan mendengarkan sudah menjadi kebiasaan bagi manusia sehingga berdampak pada kurangnya kemampuan literasi. Salah satu literasi yang berpengaruh ialah literasi numerasi. Pembelajaran dalam penelitian ini guru menggunakan model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa. Model PBL adalah model pembelajaran berbasis masalah yang tujuannya meningkatkan keterampilan berpikir dan keterampilan mengatasi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa yang diberikan model PBL dengan siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi-Eksperimen Design dengan tipe Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Klari tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk uraian yang dilakukan pada awal pembelajaran (pretest) dan pada akhir pembelajaran (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan bantuan SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi data posttest 0,001 ≤ 0,05 sehingga H_0 ditolak, artinya terdapat perbedaan pencapaian kemampuan literasi numerasi siswa yang diberikan model PBL dengan siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci:
Literasi; Numerasi; Problems based learningUnduhan
Referensi
Badi’ah, I., Pamungkas, A. S., and Rafianti, I. (2020). "The Effect of Knisley Learning Model on The Ability to Understand Mathematical Concepts in Terms of Numeration Literacy in Middle School Students". Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika. 1, (3), 289–303.
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). “Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja”. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan. 1, (3), 269-283.
Fajriyah, E. (2022). "Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada Pembelajaran Matematika Di Abad 21". Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 4, (4), 403–409.
Islamiah, A. F., Rahayu, S., dan Verawati, N. N. S. P. (2018). "Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMAN 1 Lingsar Tahun Ajaran 2016/2017". Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika. 6, (1), 29–36.
Ismatulloh, K., dan Ropikoh, R. (2022). "Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa". Kappa Journal. 6, (1), 50–55.
Lenaini, I. (2021). "Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling". Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah.6, (1), 33–39.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). "Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa". Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 8, (3), 493–502.
Nurcahyono, N. A. (2023). "Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran". Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika. 1, (1), 19–29.
Ratnawati, D., Handayani, I., dan Hadi, W. (2020). "Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP". Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika. 10, (01), 44–51.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, W. et al. (2022). ”Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Program Linear". Jurnal Silogisme Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya. 1, (1).
Yani, I., Siregar, S. N., dan Murni, A. (2024) "Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning). 7, (1), 069-078.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.