Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Persamaan Linier Satu Variabel
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10672Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada persamaan linier satu variabel pada kelompok tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakna pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 dari 33 siswa kelas VII-J di SMP Negeri 5 Karawang Barat. Pemilihan subjek penelitian menggunakn purposive sampling, subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan literasi numerasi siwa dalam menyelesaikan soal cerita. Metode pengumpulan data menggunakan triangulasi, tes kemampuan literasi numerasi, dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes uraian dalam bentuk soal cerita sebanyak 3 soal pada materi persamaan linier satu variabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kemampuan literasi numerasi siswa SMPN 5 Karawang Barat kelas VII-J berdasarkan nilai rata-rata secara keseluruan 36,64 masih tergolong rendah. Nilai rata kemampuan literassi numerasi siswa pada kelompok tinggi adalah 53,85; kelompok sedang sebesar 32,69; dan kelompok rendah yakni 19,23.
Keywords:
Kemampuan Literasi Numerasi; , Soal Cerita MatematikaDownloads
References
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18–27. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm
Akmalia, N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP/MTs Kelas VIII di Kelurahan Belendung [Pendidikan Matematika]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullahjakarta.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Susanto, D., Ikhwanudin, T., Fianto, F., Muldian, W., Syukur, Y., Setiakarnawijaya, Y., & Antoro, B. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah (S. Handini, Ed.; 1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Diah Rosalina, A., & Ekawati, R. (2017). Profil Pemecahan Masalah Pisa pada Konten Change and Relationship Siswa SMP Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik, Logis-Matematis, dan Visual-Spasial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(6).
Dian Pratiwi, A., Andri Nugroho, A., Dwi Setyawati, R., Raharjo, S., & Numerasi, L. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta.
Hapsari, T. (2019). Literasi Matematis Siswa. Jurnal Euclid, 6(1), 84–94.
Jumiati, Y., & Sylviana Zanthy, L. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p11-18.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi.
Kemendikbud. (2021). Panduan Penguantan Literasi dan Numerasi.
Nuriya Fachmi, R. F., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2022). Profil kemampuan 4C siswa pada pembelajaran matematika di SMPN 10 Madiun. In Seminar Nasional Sosial Sains (Vol. 1). Pendidikan. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
OECD. (2023). PISA 2022 Indonesia. Programme For International Student Assesment (PISA) Result From PISA 2022. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Rahmwati, A. N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. In Januari (Vol. 4, Issue 1).
Takaria, J., Pattimukay, N., & Kaary, K. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis (KAM). Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 318–327. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2year2022.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.