Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpiir Kritis Siswa Sekolah Dasar

  • Erni Nurjanah
  • Ardi Cahyadireja
  • Zulfah Wulandari
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Learning Model, Critical Thinking Ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada materi operasi hitung pecahan di kelas IV SDN 2 Cidadap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa SDN 2 Cidadap dan SDN 1 Pasirhalang. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN 2 Cidadap dan kelas IVA SDN Pasirhalang. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes berbentuk soal uraian dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pada saat pretest dan posttest. Hasil analisis data pretest diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar kelas IV SDN 2 Cidadap masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 48. Sedangkan, hasil analisis data pada posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 80. Berdasarkan hasil uji t independen atau Independent Sample T Test diperoleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Dari hasil temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada materi operasi hitung pecahan di kelas IV SDN 2 Cidadap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bahri, Saiful. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Tipe Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). 45-59.
Gunawan, Arif. (2013). Penerapan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Menggunakan CD Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Plumbon 02 Kabupaten Semarang. Disertai tidak dipublikasikan. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Hasibuan, Idrus. (2014) Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning). Systemics, Logaritma, 11(1). 1-12.
Karakoc, Murat. (2016). The Significance of Critical Thinking Ability in terms of Education. International Journal of Humanities and Social Science, 6(7). 81-84.
Nawas, Abu. (2018). Contextual Teaching And Learning (CTL) Approach Through React Strategies On Improving The Students’ Critical Thinking In Writing. International Journal of Management and Applied Scienc, 4(7). 46-49.
Nawas, Abu. (2018). Contextual Teaching And Learning (CTL) Approach Through React Strategies On Improving The Students’ Critical Thinking In Writing. International Journal of Management and Applied Scienc, 4(7). 46-49.
Nio, Tan Hian., Sukestiyarno, Y.L., Waluya, Budi., Rochmad., Isnarto., & Manullang, Bitman. (2017). Study On Critical Thinking Skills Basic Prospective Students Primary School Teacher. International Journal of Contemporary Applied Sciences, 4(1). 54-70.
Noodyana, Mega Achdisty. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). 120-127.
Nurhidayah, dkk. (2017). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(2). 162-174.
Pemerintahan Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Permatasari, Wahyu Eka Sandireni & Muslim, Supari. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Standar Kompetensi Dasar Memasang Instalasi Penerangan Listrik Di Smkn 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3(2). 47-
Setiawati, Henny & Corebima, Aloysius Duran. (2017). Empowering Critical Thinking Skills Of The Students Having Different Academic Ability in Biology Learning of Senior High School through PQ4R - TPS Strategy. The International Journal of Social Sciences and Humanities, 4(5). 3521-3526.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparmin., Rochma, Aditya Nur., Nuraini, Sa’adah., & Estikarini, Putri. (2016). Matematika Untuk SD/MI Kelas IV. Surakarta: CV Mediatama.
Published
2021-05-08
How to Cite
Nurjanah, E., Cahyadireja , A., & Wulandari , Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpiir Kritis Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Didactical Mathematics, 3(1), 48-56. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/1057
Section
Articles