Penggunaan Podcast Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa selama Gangguan Pandemi

  • Kintan Tyara Augie Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Podcast; Matematika; Berpikir Komputasi

Abstract

Rendahnya peringkat global siswa Indonesia dalam hal matematika menjadi masalah baru di dunia pendidikan. Namun, masalah menjadi lebih kompleks ketika pandemi datang dan mengakibatkan lahirnya sistem belajar jarak jauh. Dalam situasi seperti ini, seorang guru dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya dalam pelajaran matematika dengan mengembangkan berbagai keterampilan yang dimiliki oleh siswanya, sembari memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satu keterampilan siswa yang dapat dikembangkan adalah keterampilan berpikir komputasi. Keterampilan ini dapat dikembangkan melalui media pembelajaran podcast. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran podcast untuk mengembangkan keterampilan berpikir komputasinya di masa pandemi. Subjek pada penelitian ini meliputi siswa kelas X di tiga SMA Kabupaten Garut yang berusia 15-16 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan fokus penelitian adalah mengkaji respons siswa terhadap penggunaan podcast untuk mengembangkan keterampilan berpikir komputasi siswa selama situasi pandemi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respons siswa ada dalam kategori kuat yang artinya siswa merespons dengan baik penggunaan podcast sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir komputasi selama gangguan pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annizar, A. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA Menggunakan Model IDEAL Pada Siswa Usia 15 Tahun Di SMA Nuris Jember.
Barchas-lichtenstein, J., Brucker, J. L., Nock, K., Gupta, R., & Flinner, K. (2020). Education in the Pandemic & the Potential for Computational Thinking.
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56
Dagien\.e, V., & Sentance, S. (2016). It’s Computational Thinking! Bebras Tasks in the Curriculum. In A. Brodnik & F. Tort (Eds.), Informatics in Schools: Improvement of Informatics Knowledge and Perception (pp. 28–39). Springer International Publishing.
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063
Phillips, B. (2017). Student-Produced Podcasts in Language Learning – Exploring Student Perceptions of Podcast Activities Birgit Phillips , University of Applied Sciences Burgenland , Austria. IAFOR Journal of Education, 5(3), 157–171.
Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD, 3–62.
Susilowati, R. D., Sutama, & Faiziyah, N. (2020). Application of Podcast on Sportify as a Mathematics Learning Media in the Middle of Covid-19 Pandemic. In Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (Vol. 4, Issue 1, pp. 68–78).
Published
2021-05-06
How to Cite
Tyara Augie, K. (2021). Penggunaan Podcast Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa selama Gangguan Pandemi. Jurnal Didactical Mathematics, 3(1), 41-47. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/1042
Section
Articles