Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Operasi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10416Abstract
Komunikasi menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa ketika belajar matematika karena bisa membantu siswa untuk memahami konsep matematika sehingga hasil belajarnya menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMP ketika menyelesaikan soal Operasi Aljabar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D dan VIII E di SMP Negeri 2 Klari sebanyak 52 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan instrumen yang digunakan adalah instrumen soal tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan 5 butir soal cerita uraian tentang operasi aljabar kepada siswa, lalu jawaban siswanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan mendeskripsikan data sampel ke dalam bentuk yang lebih mudah dipahami. Berdasarkan hasil kategorisasi siswa menurut kemampuan komunikasi matematis, 6 orang siswa berada dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 12%. Selanjutnya, 45 orang siswa berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 87% dan 1 orang siswa lainnya berada dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 2%. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi aljabar adalah 9,92 dimana nilai rata-rata ini belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) mata pelajaran matematika di sekolah tersebut yaitu 75. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII D dan VIII E di SMP Negeri 2 Klari masih rendah karena dari 52 orang siswa tidak ada satupun siswa yang mampu mencapai nilai KKM karena nilainya kurang dari 75.
Keywords:
Matematika, Komunikasi Matematis, Operasi AljabarDownloads
References
Arfah, U., & Effendi, K. N. S. (2022). Tingkat Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 7(1), 40–52. https://doi.org/10.31949/th.v7i1.3790
Aulia Ashaningtyas, N., & Nia Sania Effendi, K. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2022, 316.
Handayani, K. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Pada Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Realistik Berbantuan Web Video [Universitas Negeri Semarang]. In Tesis. https://lib.unnes.ac.id/35127/
Haniah, L., & Senjayawati, E. (2023). Studi Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Ditinjau Dari Level Kemampuan Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1414–1416. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17550
Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 355–364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.355-364
Isnaintri, E., & Nindiasari, H. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran SOLE Berbantuan PhetSimulation Materi Grafik Fungsi Kuadrat. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 319–325. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.515
Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2008), 23–34. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03
Lucky, F. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif Pada Model Problem Based Learning Dengan Tutor Feedback Berbantuan Triangle Calculator [Universitas Negeri Semarang]. In Tesis. https://lib.unnes.ac.id/40313/
Marliani, L. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Pembelajaran Project Based Blended Learning (PjB2L) Dengan Moodle [Universitas Negeri Semarang]. In Tesis (Vol. 53, Issue 9). http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35082
Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Erfan, M., Umar, Deni, & Sutisna. (2020). Kesalahan Komunikasi Matematis (Tertulis) Siswa Ketika Memahami Soal Cerita. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.7.1.2020.1-7
Mutmainnah. (2022). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Kelas IX SMP Aisyiyah Paccinongang Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Nur’aini, T. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa SMP/MTs Pada Materi Himpunan [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyim Riau]. In Skripsi. https://repository.uin-suska.ac.id/59420/
Patmawati, Lukman, H. S., & Setiani, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengoperasikan Pecahan Aljabar Kelas VII SMPN 1 Cikembar. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 05(02), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1284
Qolbi, M. I., & Aini, I. N. (2022). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Penyelesaian Permasalahan Program Linier. Edumatsains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(1), 99–112. https://doi.org/https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i1.3772
Santi Kumala Swari, I. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dengan Fast Feedback [Universitas Negeri Semarang]. In Tesis. http://lib.unnes.ac.id/40306/1/Upload Tesis Ignasia Santi.pdf
Saputro, A., Zulkardi, Ilma, R., & Susanti, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Materi Aljabar Dengan Konteks New Normal. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.9.1.2022.1-7
Setiyawati, N. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Linguistic Intelegence Pada Model Pembelajaran Kolaboratif [Universitas Negeri Semarang]. In Tesis (Vol. 2). http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35197
Shafira, L., Taridi, M., & Gazali, M. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Self-Efficacy dan Kecemasan Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Skripsi.
Tiumlafu, N., Babys, U., & Bien, Y. I. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.32938/jipm.7.1.2022.1-10
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.