Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Segiempat

Authors

  • Vita Nur Millaty Politeknik Baja Tegal

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1020

Abstract

Kemandirian belajar dan kemampuan koneksi matematis sangat penting untuk dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 32 Semarang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP N 32 Semarang sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tenik kuesioner, observasi, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis sebanyak 8 soal uraian dan angket kemandirian belajar sebanyak 30 skala pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas dan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segiempat sebesar 71,8% dan 28,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords:

Kemandirian Belajar, Kemampuan Koneksi Matematis, Segiempat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiarani, M., & Nuryana, D. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smk Kelas X Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1785–1761.
Assagaf, G. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Regulasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Ambon. Matematika Dan Pembelajaranyaatematika Dan Pembelajaranya, 2(1), 23–32.
Baiduri, Putri, O. R. U., & Alfani, I. (2020). Mathematical connection process of students with high mathematics ability in solving PISA problems. European Journal of Educational Research, 9(4), 1527–1537. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.4.1527
Dewi, N. R., & Masrukan. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Calon Guru pada Brain-Based Learning Berbantuan Web. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 204–214. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16883
Fista, I. J., Putra, D. P., & Fitri, H. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII MTsN 4 Pasaman Barat. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 325–332.
Hasbi, M., Lukito, A., Sulaiman, R., & Muzaini, M. (2019). Improving the Mathematical Connection Ability of Middle-School Students through Realistic Mathematics Approach. Journal of Mathematical Pedagogy, 1(1), 37–46. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/7147
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Rafika Aditama.
Kurniasih, S., Darwan, D., & Muchyidin, A. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Melalui Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 140–149. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7041
Larasati, I., Joharman, & Salimi, M. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Buluspesantren. 2(2), 125–135.
Lestari, P. D., Dwijanto, & Hendikawati, P. (2016). Keefektifan Model Problem-Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education., 5(2), 146–153. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11405
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.
Nurhafsari, A., & Sabandar, J. (2018). Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Aktivitas Quick On The Draw. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(02), 97–107.
Nurhasanah, R., & Zhanty, L. S. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMA terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik. Journal On Education, 01(03), 366–372.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.
Siregar, N. D., & Surya, E. (2017). Analysis of Students’ Junior High School Mathematical Connection Ability. International Journal of Sciences Basic and Applied Research, 33(2), 309–320. https://gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/7363
Sofiah, E. S., & Nurjamil, D. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 195–203.
Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Zannati, G. N., Fitrianna, A. Y., & Rohaeti, E. E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Perbandingan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 107–112. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p107-112

Downloads

Abstract Views : 541
Downloads Count: 488

Published

2021-04-24

How to Cite

Vita Nur Millaty. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Segiempat . Didactical Mathematics, 3(1), 33–40. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1020

Issue

Section

Articles