PEMANFAATAN PLATFORM RENDERFOREST UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN: STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MAJALENGKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan platform Renderforest sebagai alat untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pembuatan media pembelajaran. Platform Renderforest digunakan untuk membantu mahasiswa dalam menciptakan media pembelajaran yang lebih menarik, inovatif, dan interaktif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Majalengka, dengan fokus pada mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan platform tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, di mana peneliti mengamati dan menganalisis bagaimana mahasiswa memanfaatkan platform Renderforest untuk menciptakan media pembelajaran. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform Renderforest memberikan kemudahan dan kreativitas yang tinggi bagi mahasiswa dalam merancang media pembelajaran. Penggunaan fitur-fitur seperti pembuatan video animasi, presentasi, dan infografis memungkinkan mahasiswa untuk menghasilkan media pembelajaran yang lebih menarik dan efektif dalam menyampaikan materi. Selain itu, platform ini juga mempermudah mahasiswa yang tidak memiliki keterampilan desain grafis untuk tetap menghasilkan karya yang berkualitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan platform Renderforest dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pembuatan media pembelajaran, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Majalengka.
Kata Kunci: platform renderforest, media pembelajaran, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
This study aims to explore the use of the Renderforest platform as a tool to improve students' creativity in creating learning media. The Renderforest platform is used to help students create more interesting, innovative, and interactive learning media. This research was conducted at the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Majalengka University, focusing on students involved in creating learning media using the platform. The method used in this study is a case study, where researchers observe and analyze how students use the Renderforest platform to create learning media. Data were collected through interviews, observations, and questionnaires given to students involved in creating learning media. The results of the study show that the Renderforest platform provides convenience and high creativity for students in designing learning media. The use of features such as creating animated videos, presentations, and infographics allows students to produce learning media that are more interesting and effective in delivering material. In addition, this platform also makes it easier for students who do not have graphic design skills to still produce quality work. This study concludes that the use of the Renderforest platform can improve students' creativity in creating learning media, which in turn can improve the quality of learning in the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Majalengka University.
Keywords: renderforest platform, learning media, Indonesian language and literature education