https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dialogika/issue/feed Jurnal DIALOGIKA : Manajemen dan Administrasi 2024-07-31T04:30:14+07:00 Dr. Kamaludin, S.Pd.I., M.Pd. pps@unma.ac.id Open Journal Systems <p><span class="VIiyi" lang="en"><span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="0"><strong>Jurnal DIALOGIKA : Manajemen dan Administrasi </strong>as a scientific media in the field of management and administration, for academics, researchers, practitioners and observers to publish research articles or conceptual articles (ideas) on problems and developments in management and administration in Indonesia.</span> <span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="1">The scope of the articles published in this journal includes: Management, Public Administration, Educational Management, and other relevant fields.</span></span></p> https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dialogika/article/view/7521 PENGARUH ULASAN ONLINE, KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN NIAT PEMBELIAN ONLINE TERHADAP PEMBELIAN SESUNGGUHNYA 2023-12-06T09:35:17+07:00 Timothy Hudson Sembiring timothhyhudson@gmail.com Puspita Chairun Nisa puspitachairunnisa77@gmail.com <p>Perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi stabilitas perekonomian khususnya di Indonesia. Semua jenis kegiatan jual beli yang biasanya dilakukan secara langsung dengan penjual, kini kita dapat dengan mudah berbelanja <em>online</em> hanya dengan menggunakan <em>smartphone</em>. Shopee adalah salah satu <em>e-commerce</em> yang sedang berkembang di Indonesia. Shopee menciptakan pengalaman berbelanja yang aman, menyenangkan, dan mudah bagi konsumen, karena terdapat ulasan <em>online</em> yang positif yang dapat memotivasi konsumen untuk mempercayai suatu merek. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemahaman empiris pengaruh nilai yang dirasakan pada ulasan <em>online</em>, kepercayaan, dan persepsi risiko pada niat beli serta menganalisis dampak niat beli terhadap pembelian sesungguhnya. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah masyarakat Bekasi. Sampel yang dipilih berjumlah 100 dengan kriteria pelanggan yang menggunakan <em>e-commerce</em> shopee, berjenis kelamin pria dan wanita, dengan usia responden antara 18 hingga 60 tahun yang setidaknya melakukan satu kali pembelian <em>online</em> selama satu bulan terakhir di shopee. Metode analisis yang digunakan yaitu <em>Partial Least Square Structural Equation Modeling</em>. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa nilai yang dirasakan dari ulasan <em>online</em>, kepercayaan, persepsi risiko bisa meningkatkan niat pembelian <em>online</em> berpengaruh positif terhadap pembelian sesungguhnya. Penelitian berikutnya diharapkan dapat memperluas jangkauan daerah dan menambahkan variable lain yang berkaitan dengan pembelian sesungguhnya seperti kualitas produk.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Timothy Hudson Sembiring, Puspita Chairun Nisa https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dialogika/article/view/8454 ANALISIS STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH CIRCLE STORE DI KABUPATEN BONE: PENDEKATAN SWOT SEBAGAI KUNCI SUKSES BISNIS LOKAL 2024-06-09T17:09:28+07:00 Rianto Rianto rryanhusain@gmail.com Hamdan Hamdan hamdan.spd00@gmail.com Andi Sari Manja manjaandisari@gmail.com <p>Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) <em>Circle Store</em> menjadi sorotan dengan berbagai kekuatan dan tantangan yang dihadapi dalam era bisnis yang dinamis, Fenomena ini menjadi pusat penelitian untuk memahami secara mendalam kekuatan internal dan peluang eksternal yang dimiliki, serta kelemahan dan ancaman yang mungkin dihadapi oleh <em>Circle Store</em>. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi performa bisnis UMKM Circle Store, khususnya melalui pendekatan SWOT. Metode penelitian kualitatif digunakan, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait, hal ini dapat diidentifikasi melalui faktor internal dan faktor eksternal, <em>Internal Strategic Factors Analysis Summary</em> (IFAS) dan <em>Eksternal Strategic Factors Analysis Summary</em> (EFAS), serta matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor internal atau IFAS memperoleh nilai keseluruhan 3,51 sedangkan faktor eksternal atau EFAS memperoleh nilai keseluruhan 3,82. Hal ini dapat mengoptimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalisir kelemahan dan ancaman yang ada.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rianto Rianto, Hamdan Hamdan, Andi Sari Manja https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dialogika/article/view/8546 ANALISIS SWOT DAN STRATEGI PEMASARAN TAHU TEMPE NURUL MADANI 2024-06-09T17:26:15+07:00 Lista Safitri ardiansyah010101a@gmail.com Purwoningsih Haris purwoningsihharis94@gmail.com Zakariya Zakariya zakariyasudirmanarif@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan metode analisis <em>SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat)</em> di pabrik tahu tempe Nurul Madani. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif yang berasal dari data hasil wawancara, catatan di lapangan dan dokumen resmi. Analisis <em>SWOT</em> dilakukan dengan matriks <em>IFE (Internal Factor Evaluation)</em> yang mendeskripsikan faktor-faktor kekuatan dan kelemahan perusahan dan matriks <em>EFE (Eksternal Factor Evaluation)</em> yang menguraikan faktor-faktor peluang dan ancaman perusahaan dan matriks <em>IE (Internal External)</em> yang menunjukkan posisi perusahaan saat ini. Dari hasil analisis data didapatkan total skor dari faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, masing-masing diperoleh bobot kekuatan tertinggi 0,15, bobot kelemahan tertinggi 0,07, bobot peluang tertinggi 0,16, dan bobot ancaman tertinggi 0,07. Hasil tersebut menempatkan pabrik tahu tempe Nurul Madani pada kuadran I dan strategi pemasaran yang harus diterapkan adalah mendukung strategi agresif.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Lista Safitri, Purwoningsih Haris, Zakariya Zakariya https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dialogika/article/view/8486 ANALISIS SWOT DAN STRATEGI PEMASARAN 2024-06-09T17:17:04+07:00 A. Jusmatang joesmadhyrajure@gmail.com Hanatuo Hanatuo hanawatampone@gmail.com A. Didi Yuspin didiyuspin6@gmail.cim Otong Karyono otong.karyono@gmail.com <p>Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi dan bisnis. Salah satunya adalah usaha Percetakan Kopa yang ada di Bone. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis SWOT yang komprehensif pada usaha percetakan, dengan fokus pada usaha Percetakan Kopa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang dilakukan adalah dengan menganalisis lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) perusahaan yang menjadi dasar untuk melakukan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis SWOT dengan mengindetifikasi kondisi lingkungan internal dan eksternal pada usaha Percetakan Kopa menunjukkan bahwa usaha ini berada pada posisi kuadran I yang berarti usaha ini berada situasi yang sangat menguntungkan untuk melakukan strategi agresif. Selanjutnya, hasil dari analisis internal dan eksternal bisnis menunjukkan kombinasi strategi <em>strenghts</em> (S) dan <em>opportunities</em> (O) dengan nilai tertinggi sebesar 4,41 sehingga strategi SO dengan cara pemanfaatan infrastruktur, pelatihan karyawan, kemitraan strategis dan melakukan monitoring tren pasar dapat digunakan agar dapat tetap bersaing dan berkembang serta memberikan keunggulan kompetititf dalam lingkungan bisnis yang dinamis.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 A. Jusmatang, Hanatuo Hanatuo, A. Didi Yuspin, Otong Karyono https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dialogika/article/view/10524 ANALISIS VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH TERHADAP KUALITAS LULUSAN DI MA PUTRI PUI MAJALENGKA 2024-07-14T23:17:43+07:00 Ade Gina Nursyifa ginanursyifa14@gmail.com Dede Nurhayati dnurhayati967@gmail.com Kamaludin Kamaludin kamaludin.abahrizka.PPsUNMA@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis visi, misi dan tujuan Madrasah terhadap kualitas Lulusan di Madrasah Aliyah Putri (MA) Persatuan Umat Islam (PUI) Majalengka. Penelitian ini dimulai sejak bulan Desember tahun 2023 sampai dengan bulan April 2024. MA Putri PUI Majalengka bertempat di Jl. K,H. Abdul Halim No. 223 Kel. Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif jenis deskriptif. Fokus pada penelitian ini adalah mengenai analisis visi, misi dan tujuan madrasah terhadap kualitas lulusan yang ditempuh melalui <em>planning, organizing, actuating dan controlling</em> serta salah satu program pengembangan peserta didik di MA Putri PUI Majalengka terdapat program yang diunggulkan yaitu ilmu guru, tata boga, tata rias dan tata busana. <strong> </strong>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa visi, misi serta tujuan akan mudah tercapai jika semua pihak dapat berperan. Terutama dalam penelitian ini kualitas lulusan akan baik jika program-program pembelajaran pada madrasah sesuai dengan visi, misi serta tujuan Madrasah, serta akan lebih terarah jika mengikuti langkah-langkah <em>planning, organizing, actuating, dan controlling.</em></p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Ade Gina Nursyifa , Dede Nurhayati , Kamaludin Kamaludin https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dialogika/article/view/10670 ANALISIS SISTEM REKRUTMEN DAN PENEMPATAN PEGAWAI PADA BAGIAN PEMASARAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES 2024-07-31T04:30:14+07:00 Kasdar Al Ade Saputra kasdarsaputra@gmail.com Iif Alfiatul Mukaromah iifam@uinsaizu.ac.id <p>Proses rekrutmen dan Penempatan pegawai merupakan salah satu faktor utama dalam meningkatkan produktivitas, efesiensi dan keberhasilan perusahaan. terutama pada bagian pemasaran yang memegang peranan penting dalam pengembangan bisnis. Pemasaran adalah suatu pekerjaan yang berkaitan dengan promosi suatu produk, barang atau jasa. Masalah utama pada bagain pemasaran adalah tingginya tingkat <em>turnover intention </em>pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk membantu proses rekrutmen pegawai dengan menggunakan metode Algoritma Naive Bayes untuk mengembangkan sistem rekrutmen dan penempatan pada bagian pemasaran dalam mengklasifikasikan dan menempatakan pegawai pada posisi yang sesuai, sehingga orang tersebut mampu bekerja secara optimal. Dalam penelitian ini indikator yang digunakan berdasarkan Pendidikan, pengalaman dan kinerja. Algoritma Naive Bayes dipilih karena menghasilkan prediksi yang sesuai antara hipotesa dan hasil klasifikasi menunujukan tingkat akurasi 100% yang dapat menunjang perusahaan dalam mengambil keputusan khususnya dalam penilaian kandidat pegawai pada bagian pemasaran.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Kasdar Al Ade Saputra , Iif Alfiatul Mukaromah