PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF DALAM MENYEDIAKAN SARANA PEMBELAJARAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KABUPATEN INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.31949/dialogika.v3i2.8504Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Lembaga Pendidikan Ma’arif dalam menyediakan sarana pembelajaran dan sumber daya manusia di Kabupaten Indramayu. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif empirik atau penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research) melalui metode analisis logik atau juga dikatakan dengan deskripsi analitis tentang efektivitas peran Lembaga Pendidikan Ma’arif dalam menyediakan sarana pembelajaran dan sumber daya manusia yang diarahkan pada kajian upaya pengorganisasian Lembaga Pendidikan Ma’arif agar bisa lebih maju dan mandiri. Penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan interview dengan semua elemen pendidikan yang ada di Lembaga Pendidikan Ma’arif Kabupaten Indramayu. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: (1) Pengadaan sarana dan prasarana belajar yang memadai sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Sarana dan prasarana yang lengkap di sekolah membuat guru dan siswa menjadi gairah dalam proses pembelajaran sehingga mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan optimal. (2) Ada tiga langkah yang diambil dalam perencanaan sarana pembelajaran di Lembaga Pendidikan Ma’arif ini, yaitu : (a) mendata kebutuhan pendidikan untuk satu tahun ke depan, (b) membandingkan daftar kebutuhan tersebut dengan anggaran lembaga berdasarkan prioritas kebutuhannya, dan (c) menetapkan rencana akhir yang berisi daftar kebutuhan sarana pembelajaran. (3) Dalam upaya optimalisasi Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Ma’arif Kabupaten Indramayu, seluruh pegawai telah diberikan berbagai pengarahan dan telah mengikuti berbagai bentuk pendidikan dan pelatihan, baik secara formal maupun non formal.
Keywords:
Lembaga Pendidikan, Ma’arif, Sarana, Sarana Pembelajaran, Sumber Daya ManusiaDownloads
References
Abdi, M. I., & Muri’ah, S. (2017). Implementasi Standar Nasional Pendidikan pada Sekolah-Sekolah Unggulan di Samarinda. Fenomena, 9(1), 83–104. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.858
Allen, D. S., Perl, M., Goodson, L., & Sprouse, T. K. (2014). Changing Traditions: Supervision, Co-Teaching, and Lessons Learned in a Professional Development School Partnership. Educational Considerations, 42(1). https://doi.org/10.4148/0146-9282.1041
Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Firmansyah, A., & Jiwandono, N. R. (2022). Kecenderungan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Student Centre Learning dan Teacher Centre Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Guru Indonesia, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.51817/jgi.v2i1.229
Hermawan, E. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kualitas Pelayanan. JURNAL DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.31949/dialogika.v1i2.2171
Iliya, A., & Ifeoma, L. G. (2015). Assessment of Teacher Motivation Approaches in the Less Developed Countries. Journal of Education and Practice, 6(22), 10–17.
Jatirayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 17(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/3005/2499
Kamaludin, Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2020). Kewenangan Supervisi Akademik Dalam Perbaikan Pembelajaran Berkelanjutan. Prosiding Seminar …, 2019, 916–927. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/685/605
Kamaludin, K. (2022). The Analysis Of Business Ethics In The Management Of Private College. Journal Of World Science, 1(3), 95–102. https://doi.org/10.36418/jws.v1i3.18
Kituyi, I., Musau, N. M., & Thinguri, R. (2014). An Evaluation of The Effectiveness of School Based Reward Systems in Enhancing Teacher Performance in Secondary Schools in Kenya. International Journal of Education and Research, 2(4), 463–474. www.ijern.com
Lalan Soeherlan S. (2019). Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Bidang Administrasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 1(1), 42–52. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/dialogika.v1i1.2158
Lelah, Satori, D., & Agustina, K. (2020). Pengaruh Kompetensi Manajerial Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. JURNAL DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 2(1), 47–61. https://doi.org/10.31949/dialogika.v2i1.2176
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Rainia, R., Yunus, A., & Bajuri, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Pelaksanaan Prinsip Good Governance Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perdagangan Kabupaten Majalengka. JURNAL DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 2(1), 34–45. https://doi.org/10.31949/dialogika.v2i1.2175
Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). Kajian Problematika Teacher Centered Learning Dalam Pembelajaran Siswa Studi Kasus : SDN Dukuh, Sukabumi. Jurnal COLLASE, 5(1), 77–85. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.9996
Suhada, A. (2019). Peran Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. JURNAL DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.31949/dialogika.v1i1.162
Widia, & Agustina, K. (2022). Peran Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dan Kepuasan Masyarakat. Jurnal DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 2(2), 109–116.
Yuniarsih, R., & Kamaludin, K. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 311–317. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2814
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Makhmud Makhmud, Yayat Hidayat, Sastramiharja Sastramiharja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.