PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA IBNU AQIL BOGOR

Authors

  • Muchamad Arif Kurniawan Institut Ummul Quro Al-Islami, Bogor, Jawa Barat
  • Saiful Falah Institut Ummul Quro Al-Islami, Bogor, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31949/dialogika.v5i1.7485

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan inovasi pendidikan yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada sekolah dalam menentukan pola pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan lokal dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka terhadap kinerja guru di SMA Ibnu Aqil Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Sampel penelitian melibatkan sejumlah guru di SMA Ibnu Aqil Bogor yang berjumlah 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara implementasi kurikulum merdeka terhadap kinerja guru yang mengandung arti bahwasannya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai kolerasi variabel X dan Y sebesar 0,553 dengan taraf sig. 5%. Diperoleh pula R square sebesar 0.949. adapun besar pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap kinerja guru sebesar 94.9% dan sisanya 5.1% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Penelitian ini berkontribusi secara praktis dalam upaya peningkatan kinerja guru dapat dilakukan melalui efektifitas implementasi kurikulum merdeka

Keywords:

Kurikulum, Kurikulum Merdeka, Kinerja Guru, Sekolah Menengah Atas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimuddin, J. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN ELEMENTARY. 4(02), 67–75.

Amril Mukminin, et al, (2022), “Pengaruh Kurikulum 2013 Dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Tambusai, Vol. 06, No. 03.

Arif, M. A. K., Putri, W., & Ardawinata, K. (2023). Principal Policy in Improving the Quality of Education MAN 1 Yogyakarta. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(3), 816-825.

Fatih, M. Al, Alfieridho, A., Sembiring, F. M., & Fadilla, H. (2022). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 421–427. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2260

Ideswal, Yahya, Hanif Alkadri, (2020), “Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, Vol. 04, No. 02.

Imas Kurniasih, (2023). A-Z Implementasi Kurikulum Merdeka, (Kata Pena).

Kamaludin, K. (2022). The Analysis Of Business Ethics In The Management Of Private College. Journal Of World Science, 1(3), 95–102. https://doi.org/10.36418/jws.v1i3.18

Kamaludin, K. (2023a). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Pemberdayaan Warga Sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 249–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11309

Kamaludin, K. (2023b). Why is Normative Commitment Invalid? An Empirical Study on Principals of Public Elementary Schools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 10(2), 229. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v10i2.13467

Kurniawan, M. A. (2023). BAB 5 MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN: MEWUJUDKAN KEADILAN, TRANSPARANSI, DAN AKUNTABILITAS LEMBAGA. Manajemen Pendidikan Islam: Filosofi, Konsep Dasar, dan Implementasi Praktis, 123.

Kurniawan, M. A., & Hum, S. Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Al-Qur'an: Teori dan Praktek (Jilid 1). CV Penadiksi Media Group

Kurniawan, M. A., Riva'i, F. A., & Cahaya, S. (2023). IMPROVEMENT LEADERSHIP SKILLS AS AN EFFORT TO BUILD A PROFESSIONAL ORGANIZATIONAL CULTURE AT THE TARBIYATUL HUDA ISLAMIC BOARDING SCHOOL BOGOR. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(8), 2823-2831.

Lelah, Satori, D., & Agustina, K. (2020). Pengaruh Kompetensi Manajerial Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. JURNAL DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 2(1), 47–61. https://doi.org/10.31949/dialogika.v2i1.2176

Putri, W., & Kurniawan, M. A. (2023). UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK DISLEKSIA DI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 6(1), 74-84.

Putri, W., Farida, N. A., Kurniawan, M. A., & Nurfalah, R. A. (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU TENTANG PENDIDIKAN INKLUSI DALAM RANGKA MENUJU SEKOLAH INKLUSI DI MIS TARBIYATUL FALAH BOGOR. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(10), 3573-3580.

Restu Rahayu, et al, (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak”, Jurnal Basicedu, Vol. 06, No. 04.

Saiful Falah, et al,(2022), “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor”, Konferensi Nasional Studi Islam (KONASI).

Suhada, A. (2019). Peran Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. JURNAL DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.31949/dialogika.v1i1.162.

Downloads

Abstract Views : 239
Downloads Count: 1026

Published

2023-12-31