ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA WARUNG MAKAN D’LIMA

Authors

  • Ulfa Wardani Safitri IAIN BONE
  • Ayu Lukmana Institut Agama Islam Negeri Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Pahrian Pahrian Institut Agama Islam Negeri Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/dialogika.v6i1.13181

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan metode analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) di Warung Makan D’Lima. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif yang berasal dari data hasil wawancara, catatan di lapangan dan dokumen resmi. Analisis SWOT dilakukan dengan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) yang mendeskripsikan faktor-faktor kekuatan dan kelemahan perusahan dan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) yang menguraikan faktor-faktor peluang dan ancaman perusahaan dan matriks IE (Internal External) yang menunjukkan posisi perusahaan saat ini. Dari hasil analisis data didapatkan total skor dari faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, masing-masing diperoleh bobot kekuatan tertinggi 0,16, bobot kelemahan tertinggi 0,07, bobot peluang tertinggi 0,17, dan bobot ancaman tertinggi 0,05. Hasil tersebut menempatkan Warung Makan D’Lima pada kuadran I dan strategi pemasaran yang harus diterapkan adalah mendukung strategi agresif.

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi, Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyanto, Y. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Ranginang (Rengginang) Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(02), 267–276.

Alimudin, A., & Yoga, H. (2015). Strategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Kecil Produk Makanan Ringan Di Surabaya. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 5(1), 1–12.

Amstrong, P. K. G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran terjemahan. Erlangga.

Hermawan, E. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kualitas Pelayanan. JURNAL DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.31949/dialogika.v1i2.2171

Kamaludin, K. (2018). Analisis Modal Usaha Di Masyarakat Pedesaan. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 49–60.

Kamaludin, K. (2022). Identifikasi Manajemen Strategis Pada Sekolah Dasar Negeri di Era Disruptif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 278–289. http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/50

Kotler, P. (2000). Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen. Prenhalindo.

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga.

Malonda, P. M., & Moniharapon, S. (2019). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Bakso Baper Jogja Swot Analysis in Determining Marketing Strategies At the Jogja Baper Meatball Restaurant. Loindong 3827 Jurnal EMBA, 7(3), 3827–3836.

Noor, J. (2014). Metodologi Penelitian. Kencana Prenada Media Group.

Sari, R. P., Mariam, I., & Sinaga, M. O. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Matriks SWOT pada Startup MakananHalal.id. Journal of Management and Business Review, 18(3), 630–639. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i3.219

Setiawan, H. R., & Kamaludin, K. (2023). Studi Kelayakan Jasa Digital Ilustrasi pada Era Bisnis Digital. Journal of Business Technology and Economics, 1(1), 8–16. https://journal.pipuswina.com/index.php/jbte/article/view/45

Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2019). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 116–126. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.116-126

Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran. Andi.

Wibowo, M. E., Daryanto, A., & Rifin, A. (2018). Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional ). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 29–38. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.29-38

Downloads

Abstract Views : 7
Downloads Count: 34

Published

2024-12-30