ANALISIS SISTEM REKRUTMEN DAN PENEMPATAN PEGAWAI PADA BAGIAN PEMASARAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

Authors

  • Kasdar Al Ade Saputra Magister Ilmu Administrasi, Program Pascasarjana, Universitas Majalengka
  • Iif Alfiatul Mukaromah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31949/dialogika.v5i2.10670

Abstract

Proses rekrutmen dan Penempatan pegawai merupakan salah satu faktor utama dalam meningkatkan produktivitas, efesiensi dan keberhasilan perusahaan. terutama pada bagian pemasaran yang memegang peranan penting dalam pengembangan bisnis. Pemasaran adalah suatu pekerjaan yang berkaitan dengan promosi suatu produk, barang atau jasa. Masalah utama pada bagain pemasaran adalah tingginya tingkat turnover intention pegawai.  Penelitian ini bertujuan untuk membantu proses rekrutmen pegawai dengan menggunakan metode Algoritma Naive Bayes untuk mengembangkan sistem rekrutmen dan penempatan pada bagian pemasaran dalam mengklasifikasikan dan menempatakan pegawai pada posisi yang sesuai, sehingga orang tersebut mampu bekerja secara optimal. Dalam penelitian ini indikator yang digunakan berdasarkan Pendidikan, pengalaman dan kinerja. Algoritma Naive Bayes dipilih karena menghasilkan prediksi yang sesuai antara hipotesa dan hasil klasifikasi menunujukan tingkat akurasi 100% yang dapat menunjang perusahaan dalam mengambil keputusan khususnya dalam penilaian kandidat pegawai pada bagian pemasaran.

Keywords:

Rekrutmen, Penempatan Pegawai, Turnover, Naive Bayes

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ammar, Sodikul, Tresna Yudha Prawira, Iif Alfiatul Mukaromah, Model Waterfall, and Black Box Testing. 2024. “Sistem Informasi Pencatatan Pembayaran Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Bumiayu Berbasis Web.” 4(1):33–39.

Anwar, Raihan Aid, Rama Ramadhan, Universitas Singaperbangsa Karawang, Telukjambe Timur, and Informasi Artikel. 2022. “Pentingnya Pemasaran Dalam Menunjang Perkembangan Bisnis.” 2(4):2–4.

Bisnis, Program Manajemen, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra, Jl Siwalankerto, and Abstrak Di. 2016. “BIHUN CAHAYA TIGA TUNGGAL.” 4(1):179–85.

Habib, Sayyid Muhammad, Elin Haerani, Siska Kurnia Gusti, and Siti Ramadhani. 2022. “Klasifikasi Berita Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier.” 5(2):248–58.

Issn, P. 2016. “Metode Naive Bayes Untuk Prediksi Kelulusan ( Studi Kasus : Data Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi ).” 2(1):22–26.

Klasifikasi, Pada, Tingkat Minat, Barang Di, and Toko Violet. 2023. “ANALISIS ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER ( NBC ).” 7(1):87–94.

Kurnia, Dona. 2021. “Rekrutmen Karyawan Baru Berbasis Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp).” Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang 9(2):64–72. doi: 10.21063/jtif.2021.v9.2.64-72.

Masita, Ira. n.d. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TURNOVER INTENTION ( STUDI KASUS PADA KARYAWAN YAYASAN CENDIKIA BUNAYYA KABANJAHE ).”

Naomi Chatrina Siregar, Riki Ruli A. Siregar, M. Yoga Distra Sudirman. 2020. “Jurnal Teknologia Implementasi Metode Naive Bayes Classifier ( NBC ) Pada Komentar Warga Sekolah Mengenai Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) Jurnal Teknologia.” 3(1):102–10.

Nugraha, Muhamad Fahmi, and Sri Budi Rahayu. 2022. “Penerapan Naïve Bayes Dalam Mengklasifikasi Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai Di Desa Nanjung Mekar.” INTERNAL (Information System Journal) 5(2):137–46. doi: 10.32627/internal.v5i2.634.

Pauziah, Ulfa. 2017. “Analisis Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Algoritma Naive Bayes (Studi Kasus PT. XYZ).” Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar” 1(1):94–102.

Pratama, Faisal Kurnia, Danang Wahyu Widodo, and Niska Shofia. 2021. “Implementasi Metode Naïve Bayes Dalam Mengklasifikasi Penerima Program Keluarga Harapan ( PKH ) Desa Minggiran Kediri.” Seminar Nasional Inovasi Teknologi UN PGRI Kediri 23–28.

Saputra, Kasdar Al Ade. 2020. “EVALUASI PROGRAM REKRUTMEN DAN PENEMPATAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SUMBER DAYA MANUSIA DI PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK.-TSO-AUTO2000 CABANG CIREBON.” Universitas Negeri Jakarta.

Senika, Anis, Rasiban Rasiban, and Dadang Iskandar. 2022. “Implementasi Metode Naïve Bayes Dalam Penilaian Kinerja Sales Marketing Pada PT. Pachira Distrinusa.” Jurnal Media Informatika Budidarma 6(1):701. doi: 10.30865/mib.v6i1.3331.

Susilo, Jimmy, and I. Gusti Bagus Honor Satrya. 2019. “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Yang Dimediasi Oleh Komitmen Organisasional Karyawan Kontrak.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8(6):3700. doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i06.p15.

Downloads

Abstract Views : 21
Downloads Count: 9

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles