ANALISIS VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH TERHADAP KUALITAS LULUSAN DI MA PUTRI PUI MAJALENGKA
DOI:
https://doi.org/10.31949/dialogika.v5i2.10524Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis visi, misi dan tujuan Madrasah terhadap kualitas Lulusan di Madrasah Aliyah Putri (MA) Persatuan Umat Islam (PUI) Majalengka. Penelitian ini dimulai sejak bulan Desember tahun 2023 sampai dengan bulan April 2024. MA Putri PUI Majalengka bertempat di Jl. K,H. Abdul Halim No. 223 Kel. Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif jenis deskriptif. Fokus pada penelitian ini adalah mengenai analisis visi, misi dan tujuan madrasah terhadap kualitas lulusan yang ditempuh melalui planning, organizing, actuating dan controlling serta salah satu program pengembangan peserta didik di MA Putri PUI Majalengka terdapat program yang diunggulkan yaitu ilmu guru, tata boga, tata rias dan tata busana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa visi, misi serta tujuan akan mudah tercapai jika semua pihak dapat berperan. Terutama dalam penelitian ini kualitas lulusan akan baik jika program-program pembelajaran pada madrasah sesuai dengan visi, misi serta tujuan Madrasah, serta akan lebih terarah jika mengikuti langkah-langkah planning, organizing, actuating, dan controlling.
Keywords:
Analisis, Visi, Misi, Kualitas LulusanDownloads
References
Bashori. (2017). Strategi Kompetitif Dalam Lembaga Pendidikan. Tadris, 12(2), 161–180.
Dewi, M. A. K., & Hariyati, N. (2017). Pelayanan Prima Dalam Budaya Organisasi Pada Lembaga Jasa Pendidikan (Studi Kasus Di Kualita Pendidikan Indonesia Surabaya). Inspirasi Manajemen Pendidikan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1).
Firmansyah, M., Nasir, M., & Madani, A. B. I. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin Di Sma Negeri 2 Muara Badak. Inspiratif Pendidikan , 12(2).
Kamaludin, K. (2022). The Analysis Of Business Ethics In The Management Of Private College. Journal Of World Science, 1(3), 95–102. https://doi.org/10.36418/jws.v1i3.18
Kamaludin, K. (2023). How to Improve the Performance of Public Elementary Schools? an Empirical Evidence from Indonesia. Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 235–246. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v11i2.60290
Lasdi, L., Nurkolis, N., & Egar, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah dan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah Di SD Negeri Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 6(3), 267–281. https://doi.org/10.26877/jmp.v6i3.2004
Nuryanto, N., & Badaruddin, M. (2019). Implementasi Pendidikan Soft Skills dalam Membentuk Moralitas Siswa Madrasah. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 183. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1725
Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 7(2), 1313–1322.
Rivaie, W. (2018). Optimalisasi peran pengawas sekolah dan esensi lembaga penjaminan mutu pendidikan. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 3(1), 90–95.
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150
Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54
Suardi, Agustang, A., & Sahabuddin, J. (2020). Model Kolaborasi Sosial Pendidikan Karakter Di Sekolah Swasta Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 1–11. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17769
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Yuniarsih, R., & Kamaludin, K. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 311–317. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2814
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ade Gina Nursyifa , Dede Nurhayati , Kamaludin Kamaludin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.