PENINGKATAN BUDAYA BACA DAN TULIS MELALUI KORAN ANAK DI SD NEGERI 17 SUNGAI KUNJANG, SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.739Keywords:
pengabdian masyarakat, anak-anak, komikAbstract
Pelaksanaan pengabdian masyarakat yang ditujukan kepada siswa kelas 2 SDN 17 Sungai Kunjang memberikan pengalaman tersendiri, bagi pelaksana (Dosen), pihak sekolah, para siswa, maupun para orang tua/wali. Melalui pemanfaatan aplikasi zoom siswa dapat mendengarkan dan berbicara dalam ruang tersebut. Setelah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2020. Secara umum kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode penyampaian komik anak dibawakan oleh saya, sehingga saya dapat mengetahui bagaimana proses belajar mengajar serta kendala yang dihadapi saat masa pandemi. Para siswa terlihat menyukai pembelajaran yang bersifat gambar, hal tersebut terlihat dari antusiasme siswa saat merespon materi yang sifatnya berupa gambar. Berdasarkan aspek berpikir dan merespon pertanyaan, siswa tidak menemui kesulitan meskipun belajar di ruang virtual. Kegiatan pengabdian ini memberikan manfaat untuk semangat belajar siswa di ruang virtual untuk kedepannya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work