IDENTIFIKASI POTENSI PRODUK ORGANIK DI KECAMATAN KEBONPEDES

Authors

  • Fadilah Muntaha Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Amalia Nur Milla
  • Neneng Kartika Rini

DOI:

https://doi.org/10.31949/agrivet.v9i2.1812

Keywords:

Identifikasi, Potensi Produk Pertanian Organik

Abstract

Kecamatan Kebonpedes merupakan salah satu Kecamatan yang memiliki produk organik. Meskipun demikian, potensi produk pertanian organik di Kecamatan Kebonpedes belum tergali sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi produk pertanian organik apa saja yang berpotensi di Kecamatan Kebonpedes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik sampling yang digunakan yaitu snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 24 petani di Kecamatan Kebonpedes yang sudah melakukan kegiatan menuju pertanian organik yang berupa komoditas padi, sayur, peternakan kelinci dan ayam arab petelur yang masing-masing terdiri dari 10 orang petani padi, 12 orang petani sayuran dan 2 orang peternak. Luas lahan yang digunakan peternakan ayam arab petelur lebih besar dibanding luas lahan komoditas lainnya. Satu orang petani sayur dan satu orang petani padi telah memiliki sertifikat untuk lahan pertanian dan produk organik, bahkan telah ada petani yang melakukan pengolahan produk berupa nasi liwet instan kemasan 250 gr yang telah dipasarkan secara online dan offline. Sedangkan 22 orang lainnya baru mengarah ke pertanian organik dan belum memiliki sertifikat untuk lahannya. Harapannya dengan semakin tingginya pengetahuan tentang produk pertanian organik dari konsumen menjadikan semangat bagi para petani untuk mendaftarkan lahannya agar tersertifikasi oleh lembaga sertifikasi organik, sehingga pertanian organik dapat menjadi daya saing yang akan meningkatkan nilai jual dari produk/komoditas yang yang mereka tanam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistika. Kecamatan Kebon Pedes Dalam Angka 2017.
Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Barat. 2016. Kiat Sukses Produksi Benih Unggul Padi. 5 November 2017. 1 hlm. www.sulbar.litbang.pertanain.go.id. Pukul 23.36 WIB
Ipin A, Diana Y. (2018). Potensi Keunggulan Lokal Kabupaten Majalengka Dan Pemanfaatannya Pada Pembelajaran Biologi. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Majalengka 43-52
Lupiyoadi R, Hamdani A, 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba
Nashori, Fuad. (2003). Potensi-Potensi Manusia. Yogjakarta. Pustaka Pelajar.
Peraturan Menteri Pertanian Tentang Sistem Pertanian Organik Nomor 64/Permentan/OT.140/5/2013.
Miftakhuriza. (2011). Pengaruh Luas Lahan, Modal, Tenaga Kerja Dan Teknologi Terhadap Produksi Usaha Tani Padi Di Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Semarang.
Peraturan Menteri Pertanian Nomor 64/Permentan/OT.140/5/2013 tentang Sistem Pertanian Organik. Sekretaris Negara. Jakarta.
Samuelson, Paul. (1992). Mikro Ekonomi. Terjemahan Karyawan Muchtar Edisi Keempat belas. Jakarta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sutanto, R. (2002). Penerapan pertanian organik: pemasyarakatan dan pengembangannya. Kanisius.
Suparmoko (2002) Analisis Struktur Perekonomian dan Pertanian Ekonomi Di Provinsi Banten Melalui Pendekatan LQ, SHIFT SHARE, Skripsi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang.
Swasta, Basu dan Handoko, T.Hani. 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Liberty. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Muntaha, F., Milla, A. N. ., & Rini, N. K. . (2021). IDENTIFIKASI POTENSI PRODUK ORGANIK DI KECAMATAN KEBONPEDES. Agrivet : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Dan Peternakan (Journal of Agricultural Sciences and Veteriner), 9(2), 227–236. https://doi.org/10.31949/agrivet.v9i2.1812

Issue

Section

Articles