Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Daging Ayam Yang Bersertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV) di Kota Bandung

Authors

  • Merry Elviyenny Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung
  • Euis Dasipah Universitas Winaya Mukti
  • Dety Sukmawati Universitas Winaya Mukti
  • Ida Marina Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jsa.v3i1.9581

Abstract

Dibentuknya UU Nomor 08 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, menjadikan tuntutan masyarakat konsumen akan peran pemerintah dalam penyediaan produk pangan hewani yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). Salah satu bentuk pengawasan dari pemerintah adalah mewajibkan setiap pelaku usaha produk hewan untuk memiliki sertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV) demi terwujudnya kesehatan dan ketentraman batin masyarakat dalam mengkonsumsi pangan asal hewan. Dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen terhadap atribut daging ayam yang bersertifikat NKV dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap atribut daging ayam yang bersertifikat NKV di Kota Bandung. Daerah penelitian ditentukan secara purposive sampling yaitu di Supermarket Lotte Grosir, Lotte Festival Citylink dan Superindo Dago Kota Bandung yang sudah mempunyai sertifikat NKV. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, yaitu dengan teknik accidental sampling (sampel tanpa sengaja dan tanpa direncanakan terlebih dahulu). Jumlah responden yang diambil yaitu sebanyak 100 orang, dengan kriteria yaitu responden bersedia diwawancarai berdasarkan panduan kuesioner, konsumen yang membeli daging ayam yang bersertifikat NKV dan berusia 15 tahun atau lebih. Untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap atribut produk menggunakan analisis multiatribut fishbein dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian ayam yang bersertifikat NKV menggunakan analisis regresi linear berganda. Atribut yang dikaji meliputi; warna, bau, kesegaran, kemasan, keterangan produk dan kebersihan outlet. Hasil penelitian menunjukkan perilaku konsumen terhadap atribut daging ayam bersertifikat NKV pada kategori baik, dan atribut yang mempunyai pengaruh tinggi adalah kebersihan outlet, kesegaran dan warna. Faktor umur, pendapatan dan tingkat pendidikaan mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap perilaku konsumen dalam pembelian daging ayam yang bersertifikat NKV.

Keywords:

daging ayam, Sertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV), perilaku konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 59
Downloads Count: 39

Published

2024-06-30

How to Cite

Elviyenny, M., Dasipah, E., Sukmawati, D., & Marina, I. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Daging Ayam Yang Bersertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV) di Kota Bandung. Journal of Sustainable Agribusiness, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31949/jsa.v3i1.9581

Issue

Section

Articles