Inovasi Pembelajaran Dengan Media Berbasis Prezi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Adah Aliyah STAI Kharisma Cicurug, Sukabumi, Indonesia
  • Bambang Qomaruzzaman Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Qiqi Yuliati Zaqiah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6223

Abstract

Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, terutama dalam mata pelajaran Studi Kebudayaan Islam (SKI). Artikel ini membahas inovasi pembelajaran menggunakan media berbasis Prezi di MA Al Mustofawiyah Karangtengah. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pelaksanaan inovasi tersebut. Melalui wawancara dengan guru, kepala sekolah, dan siswa, hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan Prezi dalam pembelajaran SKI berhasil meningkatkan minat siswa. Langkah-langkah pelaksanaan melibatkan identifikasi kebutuhan dan tujuan pembelajaran, perencanaan presentasi Prezi, dan pengenalan media Prezi kepada siswa. Guru dan kepala sekolah memberikan dukungan penuh terhadap inovasi ini, meskipun terdapat kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dan konektivitas internet. Namun, penggunaan Prezi memungkinkan partisipasi siswa yang aktif, meningkatkan fokus, dan pemahaman mereka terhadap materi SKI. Hasil observasi menunjukkan bahwa Prezi menciptakan pembelajaran yang menarik, dinamis, dan interaktif. Siswa merasa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran SKI, terutama dengan penggunaan elemen multimedia seperti gambar, video, dan audio. Dukungan penuh dari kepala sekolah menjadi kunci keberhasilan inovasi ini. Meskipun terdapat kendala teknis, implementasi yang berkelanjutan dan pelatihan terus-menerus bagi guru diperlukan untuk memaksimalkan potensi Prezi dalam pembelajaran SKI. Kesimpulannya, penggunaan Prezi dalam pembelajaran SKI efektif meningkatkan minat siswa, memperkuat partisipasi, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

Keywords:

Studi Kebudayaan Islam, minat siswa, pembelajaran berbasis media

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alviyaturrohmah, A., Saluky, S., & Muchyidin, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Software Prezi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ITEj (Information Technology Engineering Journals), 2(1), 11-18.

Dwi, M., Hasanah, A., Muslim, U., & Al-Washliyah, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Prezi terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV UPTD SDN 12 Tanah Tinggi. Jurnal Handayni, 12(2), 17–25.

Halizah, N., Partha, M. N., & ... (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 15 Samarinda. … Jurnal Pendidikan Geografi, 3, 70–79. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/geoedusains/article/view/1506%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/geoedusains/article/download/1506/1145

Hawra, D., Sopyan, M., & Marfuah, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Tenggarong. LANGGONG, 1(2), 56–73.

Karim, M., & Agung, Y. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika kelas xi di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2), 143-149.

Kasim, A., Masrianah, M., & ... (2020). Pengaruh Media Prezi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Palu. Seminar Nasional Biologi “Inovasi Penelitian Dan Pendidikan Biologi III (IP2B III) 2019, Ip2b Iii, 58–64. https://semnasbiologi.conference.unesa.ac.id/ocs/index.php/semnasbio/IP2BIII/paper/view/189

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Musdalifah, M., Irwan, I., & Simaremare, T. P. (2022). Pengaruh Lembar Kerja Siswa Menggunakan Software Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII Smpn 30 Muaro Jambi. Civic Education Perspective Journal, 2(1), 13-22.

Ramadhani, T. D. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 19 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5-7.

Rosadi, A., Mariah, E. Y., & Jimatul Arrobi. (2021). Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Jendela Pendidikan, 01, 119–125.

Rusyfian, Z. (2016). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Informatika Bandung.

Saputra, I. P. W. (2011). The Zooming Presentations. Elex Media Komputindo.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Solehudin, T. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Cloud Pada Materi PAI Bahasan Abbasiyah: Studi Kasus di SMPN 1 Cibungbulang. Computer Based Information System Journal, 7(2), 1-9.

Widyastuti, D., Kartini, T., & Kantun, S. (2020). Penggunaan Media Prezi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang (Studi Kasus Pada Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2018/2019). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 171. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.11689

Downloads

Abstract Views : 451
Downloads Count: 344

Published

2023-10-15

How to Cite

Aliyah, A., Qomaruzzaman, B., & Yuliati Zaqiah, Q. (2023). Inovasi Pembelajaran Dengan Media Berbasis Prezi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1899–1904. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6223