Meningkatkan Karakter Mandiri Melalui Model Project Work di Kelas I Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Aulia Farhana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah
  • Dyah Lyesmaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5932

Abstract

Pendidikan karakter merupakan bagian penting dari proses pendidikan yang melibatkan pemahaman nilai, kesadaran akan nilai-nilai tersebut, dan tindakan konkret untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu aspek penting dalam pendidikan karakter adalah pengembangan karakter mandiri pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter mandiri siswa kelas satu sekolah dasar melalui penerapan Model Project Work sebagai metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan penelitian ini adalah 30 siswa kelas satu sekolah dasar SDIT Al Khoiriyah Al Husna. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket untuk mengukur tingkat karakter mandiri siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan karakter mandiri siswa pada setiap fase pembelajaran Model Project Work, termasuk orientasi, organisir, membimbing, penyajian karya, dan menganalisis. Selain itu, hasil angket indikator kemandirian juga menunjukkan peningkatan yang signifikan pada setiap siklus pembelajaran. Siswa menunjukkan peningkatan dalam minat diri, keberanian, kemampuan mengerjakan tugas, kemampuan menyampaikan pendapat, dan perasaan rendah diri. Model Project Work memiliki manfaat yang signifikan dalam meningkatkan karakter mandiri siswa, seperti mengembangkan kemampuan belajar mandiri, tanggung jawab, percaya diri, dan ketahanan menghadapi hambatan. Oleh karena itu, disarankan agar pendekatan Model Project Work lebih banyak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar untuk mengembangkan karakter mandiri siswa secara holistik.

Keywords:

Project Work, Karakter Mandiri, Siswa Kelas I

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bastomi, H. (2017). Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Jurnal. Elementary, 5(1), 17-26.

Effrisanti, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Program Magang Sebagai Upaya Peningkatan Soft Skills Mahasiswa. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 10(1).

Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 77-102.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Khoirunisa, A. Z., Sunarya, I. K., & Rahdiyanta, D. (2020). Dampak Implementasi Model Pembelajaran Project-Work Berbasis Karakter Terhadap Sikap dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.21831/dinamika.v5i1.30996.

Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38.

Mentari, A., Yanzi, H., & Putri, D. S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Jurnal Kultur Demokrasi, 10(1), 1-8.

Miftah, Z. (2015). Implementasi Core Value (Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Inti di Perguruan Tinggi). CENDEKIA, 7(01), 69-96.

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index/index.php/JS/article/view/17.

Prabandari, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 68–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.586.

Rofiq, A. R. (2021). Increasing Motivation and Learning Outcomes in Entrepreneurial Practice Using the Project Work Model. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 15(2), 139-148.

Sari, I. K., Nasution, L., & Wijaya, C. (2019). Integrasi pendidikan nilai dalam membangun karakter siswa di sekolah dasar jampalan kecamatan simpang empat kabupaten asahan provinsi sumatera utara. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 1-11.

Sediyani, T. (2022). Nilai Karakter Kerja Keras dan Mandiri pada Film Koki-Koki Cilik 2 Serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19(2).

Yunarsah, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Work Dengan Perbaikan Job Sheet Untuk Meningkatkan Hasil Praktik Siswa Kelas Xii Di Smkn 1 Manggar. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(2), 123-135.

Yusutria, Y., & Febriana, R. (2019). Aktualisasi Nilai–Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 577–582. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4575.

Zulkarnain, D. (2019). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangka Raya. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 27-36.

Downloads

Abstract Views : 51
Downloads Count: 28

Published

2023-12-31

How to Cite

Farhana, A., Nurasiah, I., & Lyesmaya, D. (2023). Meningkatkan Karakter Mandiri Melalui Model Project Work di Kelas I Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2154–2159. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5932