Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter

Authors

  • Ervin Aulia Rachman Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Dita Humaeroh Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Daris Yolanda Sari Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Agus Mulyanto Universitas Islam Nusantara, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan individu yang berkualitas. Pendidikan karakter bertujuan untuk mengembangkan kepribadian yang baik, sikap positif, dan nilai-nilai moral pada individu, sehingga mereka dapat berkontribusi secara positif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Salah satu faktor yang memiliki peran krusial dalam membangun pendidikan karakter yang efektif adalah kepemimpinan visioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang kepemimpinan visioner kepala Dinas Pendidikan dalam mengembangkan karakter peserta didik di Kabupaten Purwakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pegawai Dinas Pendidikan, kepala sekolah, dan guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner yang diimplementasikan oleh kepala dinas pendidikan dalam pendidikan sudah berjalan dengan baik. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta memiliki karakteristik pemipin visioner dalam memimpin organisasinya. Langkah-langkahnya meliputi menetapkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Purwakarta sebagai pondasi dalam menyusun tujuan, sasaran, strategi, program, kegiatan dan sub kegiatan pada Dinas Pendidikan. Visi dan misi Pemerintah Kabupaten Purwakarta dimasukkan dalam dokumen Rencana Strategis yang ditetapkan dan disosialisasikan kepada seluruh Pejabat Dinas Pendidikan, staf, Pengawas, Penilik, Kepala Sekolah serta guru-guru. Kepala Dinas juga sebagai sosok motivator yang mampu menginspirasi dan mendorong seluruh warga/pegawai Dinas Pendidikan mulai dari level Mid management sampai dengan entry management.

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kepemimpinan Visioner

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexandra, T. K., Hardhienata, S., & Herfina, H. (2023). Penguatan Kepemimpinan Visioner Dan Kepuasan Kerja Dalam Upaya Peningkatan Organizational Citizenship Behaviour. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 022-027.

Asmuni, A. (2016). Kepemimpinan Visioner dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).

Bush, T., & Coleman, M. (2000). Leadership and strategic management in education. Leadership and Strategic Management in Education, 1-96.

Covey, S. R. (1992). Principle centered leadership. Simon and Schuster.

Durkheim, E. (1990). Pendidikan Moral Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Firdaus, D. R., Khairunnisa, K., Zohriah, A., & Fauzi, A. (2023). Analisis Model Kepemimpinan Kharismatik dan Visioner di Pondok Pesantren. Journal on Education, 5(4), 15038-15049.

Hidayah, N. (2016). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Yogjakarta: AR- Ruzz Media

Hilmi, M. Z. (2015). Nilai-nilai kearifan lokal dalam perilaku sosial anak-anak remaja di desa sepit kecamatan keruak kabupaten lombok timur. Journal of Educational Social Studies, 4(1).

Husaini, U. (2013). Manajemen Teori, praktik dam Riset Pendidikan. Edisi 4. Cetakan 1. Jakarta: Bumi Aksara.

Komariah, A. (2004). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakrta: Bumi Aksara.

Mukti, N. (2018). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 71-90.

Nanus, B. (1992). Visionary Leadership: Creating a Compelling Sense of Direction for Your Organization. San Francisco CA: Jossey-Bass Publishers.

Ordway, T. (2003). The Art of Leadership. New York: McGraw-Hill Book Inc.

Purwanto. (2021). Pendidikan Karakter di Sekolah Teori, Praktik dan Model Kepemimpinan. Jakarta: Indonesia Emas Grup.

Rahman, A. (2016). Pengaruh negatif era teknologi informasi dan komunikasi pada remaja (perspektif pendidikan islam). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1).

Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 78-87.

Saptorini, Y. D., & Putri, T. A. (2022). Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia Sd Di Era Society 5.0. El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(1), 29-36.

Syafaruddin, A. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia; Strategi Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: BPFE.

Syahyadi, R. (2020). Sinergitas Pendidikan Vokasi, Pemerintah dan Dunia Usaha-Dunia Industri dalam Menyongsong Merdeka Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe (Vol. 4, No. 1, pp. 53-56).

Wibowo, A. A., Ma’mun, E. N., & Karim, M. A. (2018). Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Aswaja (Stusi Analisis Aktivasi Nilai-nilai Keaswajaan). Manarul Qur'an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2), 4-20.

Downloads

Abstract Views : 1030
Downloads Count: 1549

Published

2023-06-28

How to Cite

Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1024–1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)