Peningkatan Animo Mahasiswa Menggunakan Metode Balanced Scorecard

Authors

  • Dita Humaeroh Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Lia Yulianti Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Armiyanti Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Daris Yolanda Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Nova Rati Lova Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Ervin Aulia Rachman Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Tatang Sutrisna Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Iim Wasliman Universitas Islam Nusantara, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5052

Abstract

Pesatnya pertumbuhan perguruan tinggi swasta di Indonesia berdampak pada persaingan dalam menarik calon mahasiswa. Oleh karenanya, setiap perguruan tinggi dituntut memiliki kinerja yang baik agar dapar dapat memiliki daya saing yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Politeknik Bhakti Asih Purwakarta dalam upaya menigkatkan animo mahasiswa dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Penelitian ini menggunakan. pendekatan kualitatif dan menerapkan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang umum digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kinerja keuangan institusi menunjukkan prestasi yang baik. (2) Dalam perspektif pelanggan, yaitu mahasiswa, kinerja institusi dinilai memuaskan karena berhasil menjalin dan. mempertahankan hubungan yang baik dengan mereka. (3) Dari segi bisnis internal, seperti inovasi, proses operasional, dan layanan purna jual, kinerja institusi menunjukkan pencapaian. yang baik karena perubahan dari berbagai segi bisnis. (4) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, yang melibatkan kapabilitas karyawan, sistem informasi, serta motivasi, pemberdayaan, dan keselarasan, juga menunjukkan kinerja yang baik.

Keywords:

Perspektif Balance Scorecard, Analisis Kinerja, Balanced Scorecard

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatimah, S., Kurdi, F. N., & Thamrin, M. H. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 3(1), 401-409.

Hardiyanto, Y., Ali, A. H. N., & Pambudi, H. A. (2005). Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Pengukuran Kinerja Pemasaran dengan Metode Balanced Scorecard Studi kasus PT. Semen Gresik. Jurnal, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1996). Linking the balanced scorecard to strategy. California management review, 39(1), 53-79.

Kurniawan, A., & Fitriyani, F. (2021). Pengaruh insentif dan promosi jabatan terhadap kinerja karyawan. Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi, 7(2).

Mahsun, M., Saiban, K., & Munir, M. (2022). Pengembangan Pendidikan Vokasi Perspektif Maqāṣid al-Syar’ah dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Produktif Maslahah. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 5(2), 126-148.

Majid, A. A. (2021). Sinergisitas Dan Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi (Vokasi) Dan Dunia Industri. Internet. Retrieved from: https://forkomdosenaslibrebes.com/2021/05/20/sinergisitas-dan-kolaborasi-antara-perguruan-tinggi-vokasi-dan-dunia-industri/

Maryanto, M. (2018). Analisi Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada PDAM Tirta Sakti Kabupaten Kerinci. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 8(1), 92-97.

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2022). Dampak Pembelajaran Remedial pada Self Regulated Learning Siswa di Sekolah Kejuruan/Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 8121-8128.

Oktaviane, D. P. (2021). Evaluasi Kinerja Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Padang Menurut Perspektif Balanced Scorecard. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 108-122.

Sari, A. P., & Retnani, E. D. (2015). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada Rumah Sakit Islam Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(11).

Suta, I. W. P., & Dwiastuti, G. A. S. A. (2017). Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Kantor Pusat PT Bank Pembangunan Daerah Bali. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 12(1 Maret), 32.

Tribunnews. (2013). Muhaimin Iskandar: 600 Ribu Sarjana di Indonesia jadi Pengangguran. Internet. Retrieved from https://www.tribunnews.com/nasional/2013/11/03/muhaimin-iskandar-600-ribu-sarjana-di-indonesia-jadi-pengangguran.

Widyastuti, I. T., Indriana, I., Umar, A., & Bawono, A. (2017). Analisis kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard (studi kasus PT XYZ bergerak di bidang telekomunikasi). Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 2(2), 124-137.

Wonggo, D. (2010). Tantangan Pendidikan Kejuruan dalam Era Perdagangan Bebas. Prosiding APTEKINDO.

Wutun, M. M. (2020). Analisis Balanced Scorecard dalam Pengukuran Kinerja Radio Republik Indonesia Kupang. Inspirasi Ekonomi: Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(4), 1-14.

Downloads

Abstract Views : 213
Downloads Count: 184

Published

2023-06-28

How to Cite

Humaeroh, D., Yulianti, L., Armiyanti, A., Yolanda, D., Lova, N. R., Rachman, E. A., Sutrisna, T., & Wasliman, I. (2023). Peningkatan Animo Mahasiswa Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1001–1010. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5052

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)