Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Penggunaan Media Diorama di Sekolah Dasar

Authors

  • Lia Sri Budiani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4865

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan alasan kurangnya kemampuan siswa sekolah dasar menulis esai deskriptif. Hal ini terungkap dari observasi awal yang menunjukan bahwa siswa tampak kesulitan dalam menulis esai deskriptif sehingga hasil belajar menulis karangan deskriptif sangat rendah. Untuk mengatasinya, media diorama diduga dapat menjadi solusi untuk persoalan itu . Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN 2 Pameungpek. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Pameungpek yang berjumlah 34 orang. Sebagai metode penelitian digunakan metode PTK dimana dilaksanakan dalam dua siklus yang masing- masing terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini wawancara, angket dan tes esai digunakan sebagai teknik pengumpulan data untuk mengecek kemampuan menulis esai deskriptif. Proses analisis ini terdiri dari pengisian kuisioner berpikir kreatif, pre-test, pelaksanaan kegiatan serta post-test. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan nilai rata- rata kemampuan menulis esai deskriptif dari mulai prasiklus diperoleh skor  rata- rata kelas 54,35%, siklus 1 naik menjadi 65,26%, sedangkan siklus II menjadi 75,12%. Berdasarkan hasil tersebut, ditemukan bahwa dengan menggunakan media diorama dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis  karangan deskripsi  siswa sekolah dasar.  

Keywords:

Keterampilan menulis, Karangan deskripsi, Media diorama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, L. A. et al. (2021). Pengertian Tindakan Kelas Teori Dan Penerapannya. Indramayu: C.V Adanu Abimata.

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal Of Islamic Elementary School, 2(2), 147-158.

Aliyyah et al. (2022). Manajemen Kelas Strategi Guru Dalam Menciptakan Iklim Belajar Menyenangkan. Yogyakarta: Samudra Biru.

Aris, I. E., & Afina, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ipa Materi Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebanyakan Kota Serang. Pelita Calistung, 3(01), 1-14.

Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan dan pengajaran, 11. https://osf.io/preprints/inarxiv/pq324/

Damayanti, M. I. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Diorama Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7).

Ghiffari, M. H. (2018). Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas II SDN Gading Watu Gresik (Doctoral dissertation, Wijaya Kusuma Surabaya University).

Idarliati, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Media Gambar. Pedagogik journal of Islamic elementary school, 1(1), 57-72.

Inggriyani, F., & Pebrianti, N. A. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1-22.

Lukman, H. S., Sutisnawati, A., & Elnawati, E. (2022). Modul Ajar Matematika SD Berdasarkan perspektif Tpack-21. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3225-3236.

Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesantren Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru dan pembelajaran, 2(2), 165-177.

Purba, N. A., Sidebang, R., & Simanungkalit, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Melalui Penggunaan Media Diorama Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-10.

Rizqiya, H. M. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial di MI NU Nurul Haq Kudus ( Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Sanita, S., Marta, R., & Nurhaswinda, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Metode Pembelajaran Field trip. Journal on Teacher Education, 2(1), 239-246.

Sapitri, N., Guslinda, G., & Zufriady, Z. (2021). Pengembangan Media Diorama Untuk Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1589-1598.

Sidabutar, Y. A. (2021). Pengaruh Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5379-5385.

Wardoyo, S. Armariena, D. N., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh Media Diorma Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 918-925.

Zakiyayati. (2020). Pengembangan Media Diorama Sub Tema Manusia Dan Lingkungan Kelas V Di SDN 7 Bukit Tunggal Palangka Raya. Skripsi IAIN Palangkaraya.

Downloads

Abstract Views : 507
Downloads Count: 391

Published

2023-06-28

How to Cite

Budiani, L. S., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Penggunaan Media Diorama di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1011–1016. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4865

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)