Konstruksi Karakter Disiplin Siswa melalui Kelas Unggulan Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Muhammad Mushfi El Iq Bali Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Siti Aisyah Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4627

Abstract

Penelitian dilaksanakan untuk memberikan deskripsi tentang konstruksi karakter disiplin siswa melalui kelas unggulan tahfidzul qur’an (UTQ) di Madrasah Ibtidaiyah. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan informasi dan data dilakukan menggunakan teknik wawancara bersama dengan Bapak Zakaria selaku kepala sekolah, Ibu Muhimmatul Aliya sebagai wali kelas 5-I unggulan tahfidzul qur’an (UTQ) di MI At-Taqwa. Kemudian peneliti melakukan observasi dan pengambilan dokumentasi dimana siswa sebagai subjeknya . Hasil kajian menunjukkan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, beberapa sikap, sifat, moral, dan akhlak seorang siswa semakin menurun.Oleh karena itu, pembentukan karakter sebaiknya dimulai sejak usia dini, mengingat Madrasah Ibtidaiyah merupakan tempat yang paling efektif untuk awal pembentukan karakter siswa, sebab diusia ini mereka memiliki memori yang kuat untuk mengingat segala hal yang dibaca dan dihafalkannya. Dengan menghafal Al-Qur’an karakter yang terbentuk dalam diri siswa yakni karakter disiplin.

Keywords:

konstruksi, menghafal Al-Qur’an, karakter disiplin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, S. Q., & Syamwil, F. (2020). Konstruksi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru di Sekolah. MANAGERE, 2(2), 149–156.

Alfaridzi, M. A., Jafitri, K., & Purwanti, O. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius pada Siswa Melalui Kegiatan Tahsin Tahfidzul Quran Dengan Metode Tsaqifa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.23917/bppp.v1i1.9791

Andayani, A., & Dahlan, Z. (2022). Konstruksi Karakter Siswa Via pembiasaan Sholat Dhuha. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 99–112.

Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120

Ayni, N., Azizah, R. N., & Pribadi, R. A. (2022). Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 267–277.

Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendididkan, 3(6), 3675–3688.

Kanza, A. M., Utami, I., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 158–179.

Lubis, A. M., & Ismet, S. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 8–14.

Muchlis, Z., & Fathurrahman, A. (2022). Membangun Karakter Islami Melalui Rumah Tahfiz Hidayatul Quran Notoprajan. Webinar AbdiMas, 389–398. https://doi.org/https://doi.org/10.18196/ppm.52.1039

Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud ( Telaah Pemikiran atas Kemendikbud ). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.

Muhlisin, M., & Nurhidin, E. (2020). Konstruksi Kedisiplinan melalui Habituasi Kegiatan Keagamaan (Studi Kasus di SMP Al-Ikhlas Tarokan Kediri). Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(2), 236–251.

Nafliani, A., Ansari, M. I., Barsihanor, & Kumala, S. (2021). Hubungan Hafalan Al- Qur’an Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika DI SDTQ-T An Najah Cindai Alus Martapura. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(2), 53–62.

Nurhidayati, I. (2022). Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di MI Muhammadiyah Karangwuni Polokarto. Mamba’ul ’Ulum, 18(2), 192–201.

Pangatin, S., & Merdekasari, A. (2020). Regulasi Diri Anak Penghafal Al- Qur ’ an. Jurnal Studia Insania, 8(1), 23–42. https://doi.org/10.18592/jsi.v8i1.3573

Prasetyo, D., Riyanti, D., & Marzuki. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. Harmony, 4(1), 19–32.

Rahmayani, P., Saleh, M., & Fauzan, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Teladan Gebang. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 201–208.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052.

Soleh, H., Murtafiah, N. H., & Tamyis. (2022). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Pada Program Khusus di Madrasah Aliyah Swasta Darul uffaz. JIEL, 2(2), 21–39.

Sulastini, F., & Zamili, M. (2019). Efektivitas Program Tahfidzul Qur ’ an Dalam Pengembangan Karakter Qur ’ ani. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166

Supriono, I. A., & Rusdiani, A. (2019). Implementasi Kegiatan Menghafal Al Qur’an Siswa di LPTQ Kabpaten Siak. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5281

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Zakaria, F., & Hadi Wiyono, A. (2019). Pengaruh Menghafal Al Qur’an Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa. Samawat, 03(1), 79–91.

Downloads

Abstract Views : 154
Downloads Count: 172

Published

2023-05-27

How to Cite

El Iq Bali, M. M., & Aisyah, S. (2023). Konstruksi Karakter Disiplin Siswa melalui Kelas Unggulan Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 688–694. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4627

Issue

Section

Articles