Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Siti Aisyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Probolinggo
  • Kustiana Arisanti Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Firdaus Ainul Yaqin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583

Abstract

Adaptasi dan inovasi merupakan dua hal yang sangat penting dalam menyambut kurikulum Merdeka Belajar pada madrasah ibtidaiyah. Adaptasi di perlukan agar madrasah dapat  menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum yang di terapkan, sementara inovasi merupakan upaya buat membentuk sesuatu yg baru & tidak selaras menurut sebelumnya. Tujuan dalam penelitian adalah untuk menganalisis adaptasi dan inovasi Madrasah Ibtidaiyah dalam menyambut kurikulum merdeka belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif jenis studi kasus  dengan cara melakukan wawancara mendalam kepala sekolah, guru dll di Madrasah Ibtidaiyah Khusnul Khitam yang telah berhasil menerapkan kurikulum merdeka belajar. Penelitian dilakukan selama satu bulan pada bulan januari 2023. Hasil penelitian inovasi ini dilakukan dengan menciptakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Ini akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa, sehingga akan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Secara keseluruhan, adaptasi dan inovasi yang dilakukan oleh madrasah ibtidaiyah dalam menyambut kurikulum Merdeka Belajar akan agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien  serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa.

Keywords:

adaptasi, inovasi, kurikulum merdeka belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

As’ad, M. (2021). Adaptation Into Islamic Education 4.0: An Approach to Redesigning a Sustainable Islamic Education in the Post Pandemic Era. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 26(1), 19. https://doi.org/10.32332/akademika.v26i1.3122

Azzahra, B., Vernanda, S. G. W., Maisyah, R., & Imansari, F. P. (2013). Real Curriculum Adaptation In Indonesia. Literasi,1(1).

Bashir, A., Bashir, S., Rana, K., Lambert, P., & Vernallis, A. (2021). Post-COVID-19 Adaptations; the Shifts Towards Online Learning, Hybrid Course Delivery and the Implications for Biosciences Courses in the Higher Education Setting. Frontiers in Education, 6, 711619. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.711619

Crosby, R. M. H., Joy. (2000). AMEE Guide No 20: The good teacher is more than a lecturer - the twelve roles of the teacher. Medical Teacher, 22(4), 334–347. https://doi.org/10.1080/014215900409429

Dermawan, H., & Farid, A. (2022). Pengembangan Strategi Pembelajaran MI/SD yang Inovatif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: The new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 3. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155-164.

Fontenelle-Tereshchuk, D. (2021). ‘Homeschooling’ and the COVID-19 Crisis: The Insights of Parents on Curriculum and Remote Learning. Interchange, 52(2), 167–191. https://doi.org/10.1007/s10780-021-09420-w

Herlianti, P. S., Linuwih, S., & Dwijananti, P. (2015). Independent Learning Strategy Of Natural Science With “One Day One Diary For Science” Program. 11(2).

Irawati, D., Najili, H., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Merdeka Belajar Curriculum Innovation and Its Application in Education Units.

Islamy, M. I. (2019). Developing Concept Approach Based Textbooks of Social Sciences Course for Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 90. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3594

Isma, C. N., Rina Rahmi, & Hanifuddin Jamin. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 129–141. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317

Istaryaningtyas, I., L., S., & E., H. (2021). Management of the Independent Learning Curriculum during the Covid-19 Pandemic. Journal of Education Research and Evaluation, 5(2), 176. https://doi.org/10.23887/jere.v5i2.32998

Juniarni, C., & Ali, N. (2022). Developing Innovation and Based on Smart Madrasah Model in Malang. 6(1).

Marlina, T. (2022). Urgensi dan implikasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi (Vol. 1, No. 1, pp. 67-72).

Mirasandi, I. (2019). Curriculum Adaptation in Learning Student with Special Needs at Inclusive Schools Surakarta City. IJDS Indonesian Journal of Disability Studies, 6(1), 42–46. https://doi.org/10.21776/ub.IJDS.2019.006.01.6

Naparan, G. B., & Alinsug, V. G. (2021). Classroom strategies of multigrade teachers. Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100109. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100109

Nurkholiq, A. (2022). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berbasis Kkni (Model MBKM Program Studi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam). 2(1).

Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Lailisna, N. N. (2020). Strategy of boarding school (Pesantren) education in dealing with the COVID-19 pandemic. Khalifa: Journal of Islamic Education, 4(2), 142-160.

Rahmadani, A., Syariful, S., & Restavia, O. (2022). Dampak Program Kampus Mengajar Terhadap Keterampilan Pemberian Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar: Studi Kualitatif pada Mahasiswa BKI Universitas Al-azhar Indonesia. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 7(1), 66. https://doi.org/10.36722/sh.v7i1.996

Rahman, R. A., Huda, M., Astina, C., & Faida, F. (2023). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab di SMP Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 265–284. https://doi.org/10.32699/liar.v6i2.3707

Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Singh, J., Steele, K., & Singh, L. (2021). Combining the Best of Online and Face-to-Face Learning: Hybrid and Blended Learning Approach for COVID-19, Post Vaccine, & Post-Pandemic World. Journal of Educational Technology Systems, 50(2), 140–171. https://doi.org/10.1177/00472395211047865

Susapti, P. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA Berbasis Muatan Lokal di MI Mangunsari Kota Salatiga.

Sutarto, S., Sari, D. P., & Fathurrochman, I. (2020). Teacher strategies in online learning to increase students’ interest in learning during COVID-19 pandemic. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 129. https://doi.org/10.29210/147800

Tsania, F. Q. P. (2022). Analisis Kesiapan dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Manbail Futuh Jenu. 7(1), 513–517.

Wijaya, S., Syarif Sumantri, M., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1495–1506. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.450

Yunida, H., Tjalla, A., & Sarifah, I. (2022). The Independent Campus Learning Towards Industrial Revolution 5.0. International Journal of Social Science And Human Research, 05(10), 4582–4586. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i10-24

Downloads

Abstract Views : 1453
Downloads Count: 1450

Published

2023-03-31

How to Cite

Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 386–393. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583